MENU
icon label
image label
blacklogo

Kimi Raikkonen: “Masalah Balapan di Finlandia adalah Finansial”

SEP 13, 2019@20:00 WIB | 159 Views

Kimi Raikkonen mengatakan Formula 1 akan menuju ke Finlandia secara langsung jika seseorang berani berkontribusi terkait finansial untuk menutupi biaya hosting, setelah pembangunan sirkuit KymiRing.

Saat MotoGP menyambut kembali putaran Finlandia untuk pertama kalinya sejak 1982, AKK Motorsport (badan pengelola motorsport nasional) telah menyelidiki kelayakan untuk menjadi tuan rumah F1 di masa depan.

Finlandia tetap menjadi negara terkenal di F1 yang tidak pernah menjadi tuan rumah olahraga tersebut meskipun menghasilkan empat juara dunia ditambah 50 kemenangan Grand Prix.

Raikkonen, juara dunia F1 terbaru dari Finlandia, mendukung gagasan untuk membawa olahraga ini ke negara asalnya dan merasa satu-satunya penghalang utama tetap masalah pembiayaan perlombaan di mana pun acara itu akan diadakan.

Setelah melihat uji coba MotoGP baru-baru ini di sirkuit KymiRing yang baru dibangun (bergabung dengan kalender balap pada tahun 2020 dengan subjek homologasi FIM), Raikkonen akan senang melihat para pemimpin F1 ke Finlandia di masa depan.

"Saya telah melihat video motor yang berputar di sana (KymiRing)," kata Raikkonen. “Saya selalu berkata bahwa saya yakin kita bisa berlomba di tengah-tengah Helsinki jika seseorang berkontribusi untuk pembiayaan dan melakukannya. Itulah satu-satunya masalah.”

“Saya tidak tahu apakah kita memiliki trek yang dihomologasi untuk F1 tetapi tentunya untuk motor, jadi itu harus aman di banyak sisi.”

"Itu masih sangat mungkin, itu hanya masalah seseorang yang mengurus biayanya. Jika itu terjadi, maka akan ada balapan luar biasa di sana."

Kalender F1 berkembang menjadi 22 balapan untuk musim 2020 dengan penambahan putaran Vietnam dan kembalinya Grand Prix Belanda, sedangkan Grand Prix Jerman telah keluar dari kalender F1 musim depan karena kurangnya dana.

Melihat bertambahnya jadwal tersebut, pembalap asal Finlandia itu menambahkan, “Olahraga ini benar-benar berkembang, jauh dari apa yang dibayangkan sebelumnya.”

“Saya tidak sabar mencoba trek di Vietnam, itu benar-benar baru. Belanda juga kembali dan memiliki sejarah panjang di Formula 1.”

“Sayangnya, kita akan kehilangan (balapan di) Jerman. Semoga saja di masa depan kita bisa kembali kesana.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
kimi raikkonen,
#
formula 1,
#
finlandia