MENU
icon label
image label
blacklogo

Kim Jong Un Naik Mercy, Mercedes-Benz: Kami Tidak Pernah Jual ke Korut

MAY 01, 2019@13:00 WIB | 1,201 Views

Pemimpin Korea Utara belum lama ini mendapatkan sorotan luas dari kalangan pecinta otomotif dunia. Pasalnya, diktator komunis terakhir di bumi tersebut sering kedapatan menggunakan limosin Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dalam berbagai kunjungan resminya di banyak negara.

Yang paling baru, Kim terlihat menumpang Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard ketika melakukan lawatan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin terkait pembicaraan krisis nuklir di Semenanjung Korea. Dalam gambar yang beredar di dunia maya, Mercy kim tersebut berjalan perlahan dengan kawalan beberapa penjaga yang berlari di kanan-kiri mobilnya.

Menanggapai hal tersebut, juru bicara Daimler Silke Mockert mengatakan bahwa perusahaan tidak tahu bagaimana kendaraan Mercedes dikirim ke Korea Utara. Dia menambahkan bahwa Daimler memiliki prinsip dasar untuk mengikuti hukum dalam memberikan produknya.
“Perusahaan kami tidak memiliki hubungan bisnis dengan Korea Utara selama lebih dari 15 tahun dan sangat mematuhi Uni Eropa dan embargo Amerika Serikat,” katanya.

Selain itu, Mockert juga menyebut untuk mencegah pengiriman ke Korea Utara dan ke salah satu kedutaan besarnya di seluruh dunia, pihaknya telah menerapkan proses kontrol ekspor yang komprehensif dan sangat ketat.

“Penjualan kendaraan oleh pihak ketiga, terutama kendaraan bekas, berada di luar kendali dan tanggung jawab kami,” tuturnya.

Dia menduga, kemungkinan Kim membeli mobil tersebut dalam kondisi bekas dari negara lain, seperti China. Namun, yang menjadi masalah bagi Mercedes adalah mereka tidak bisa menarik mobil itu dari Korea Utara.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Kim Jong-Un terlihat mengendarai Mercedes-Maybach S600 sebagai kendaraan resminya. Saat pertemuan fenomenal tahun lalu antara Kim dan Presiden Korea Selatan di perbatasan kedua negara tahun lalu, Kim juga terlihat mengendarai mobil jenis yag sama dengan pengawalan ketat penjaganya disekeliling kendaraan.

Sebagai informasi Mercedes-Maybach S600 Pullman yang dikendarai Kim merupakan versi Guard yang sangat mahal. Hal tersebut berbanding lurus dengan fitur keamanan yang ditawarkan oleh mobil ini bagi pengendaranya dari bahaya apa pun.

Bahkan kendaraan ini didisain  dengan fasilitas ban anti peluru. Sementara di belakang kursi belakang menggunakan sekat baja untuk mengamankan kepala penumpang jika terjadi serangan teroris.

Pullman Guard khusus ini memiliki cerita yang menarik karena merupakan kombinasi dari Maybach Pullman pra-facelift dan versi terbaru terungkap sedikit lebih dari setahun yang lalu. Mengingat dibutuhkan sekitar satu setengah tahun dari pemesanan hingga pengiriman, itu berarti mobil ini ditugaskan sebelum rilis S-Class Pullman Mercedes-Maybach, namun ia memiliki grille baru yang mengkilap dengan bilah vertikal serta ringan knalpot diperbarui.
Mobil ini memang dirancang untuk kendaraan para pemimpin negara dan pejabat penting. Mobil ini adalah seri super premium untuk varian S-Class. Dengan panjang enam setengah meter (256 inci) dan berat 5,6 ton (11.200 pound), mobil ini dibekali oleh mesin V12 twin-turbo dengan 523 tenaga kuda dan torsi 900 Newton-meter (664 pound-feet).

Dengan segala fitur yang ditawarkan wajar saja jika Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dibandrol dengan harga paling murah 1,4 juta Euro, atau setara dengan 1,56 juta dolar Amerika.

Tags :

#
mercedez-benz,
#
mercy,
#
korut,
#
auto news