MENU
icon label
image label
blacklogo

Ken Block Tewas Kecelakaan, Begini Profil Dan Sejarah Karir Motorsportnya

JAN 04, 2023@12:00 WIB | 290 Views

Kancah motorsport dunia berduka, salah satu jagoan rally dan drifting kenamaan tutup usia. Ya ia adalah Ken Block yang resmi dikabarkan meninggal dunia Selasa, 3 Januari 2023. Pembalap senior ini meninggal dalam kecelakaan snowmobile alias mobil salju. Kabar duka disampaikan oleh akun Instagram-nya, @thehoonigans.

"Its’s with our deepest regrets that we can confirm that Ken Block passed away in a snowmobile accident today. Ken was a visionary, a pioneer, and an icon. And most importantly, a father and husband. He will be incredibly missed. Please respect the family’s privacy at this while they grieve."

Profil Ken Block

Ken Block ahir di Long Beach, California, pada 21 November 1967. Dia adalah anak tunggal dari keluarga berkecukupan. Kehidupan di dunia action sport telah dia mulai sejak masih kecil. Ketika Ken Block berusia 7 tahun, dia masuk ke dunia skate board. Usia 12 tahun, dia menjadi pembalap motocross. Masa usia dewasa awal, 20 tahun, dia terjun ke dunia snow board.

Bukan hanya terkenal sebagai seorang pereli, tetapi juga drifter andal. Beberapa aksinya direkam video dan diunggah di akun YouTube-nya, Hoonigan. Dalam video seri yang diunggah, Ken Block kerap memamerkan kemampuan drifting dalam melewati berbagai rintangan di kota-kota besar.

Karier Ken Block

Menginjak tahun 2005 adalah awal karier Ken Block di dunia reli. Bersama Vermont SportsCar Team, dia mengalami kehidupan di dunia reli menggunakan mobil Subaru WRXSti 2005. Meski masih awal, dia berhasil finis di posisi ketiga di Group N dan posisi keempat dalam Rally America National Championship pada akhir musim. Capaian besar tersebut membuatnya mendapatkan gelar “2005 Rally America Rokkie of the Year’’.

Tahun 2006 alias tepat satu tahun setelahnya, Ken Block dan Travis Pastrana, rekan satu timnya, menandatangani sponsor baru dengan Subaru. Hal ini membuat nama timnya berubah menjadi Subaru Rally Team USA.Tahun 2007 dia kembali berkompetisi di ajang Rally X Games seri XIII. Ketika itu, dia mendapatkan urutan kedua. Dia juga mengikuti Rally America National Championship lagi dan kembali mendapatkan podium kedua.

Masih di tahun yang sama, Ken Block ikut serta dalam beberapa putaran World Rally Championship, Rally Mexico, dan Rally Selandia Baru. Total, tahun 2007 membuatnya naik podium sebanyak 19 kali dan 8 kali mendapatkan kemenangan.

Pada 2008 Ken Block mendapatkan mobil reli baru, yaitu Subaru WRX STi 2008. Demi beradaptasi dengan mobil barunya, Ken Block mengikuti Rallye Bale-Des Chaleurs dari Canadian Rally Championship sebelum terjun di kejuaraan dunia reli tahun tersebut dan Rally X Games seri XIII. Ken Block finis diurutan ketga.

Setahun kemudian, Ken Block muncul di Top Motor Show dan membuat film yang berisi aksi balapnya berjudul Gymkhana 2. Video ini membuatnya berhasil menjual banyak sepatu DC.

Ken Block bernaung di bawah bendera Monster Worls Rally Team pada tahun 2010. Di sana, dia berhasil menjadi jawara di Rally 100 Arce Wood (Rally Amerika) 5 kali berturut turut. Capaian tersebut mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh John Buffum

Dalam kejuaraan Rally de Portugal in Faro tahun 2011, tepatnya tanggal 23 Maret, Ken Block bersama rekannya, Alex, dibawa ke rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena mobil yang dia gunakan, Ford Fiesta RS WRC, mengalami kecelakaan cukup parah.

Profil Ken Blok dipenuhi dengan berbagai aktivitas menantang, baik dunia reli maupun action sport. Dia masih terus aktif di dunia reli meski usianya tak lagi muda. Menginjak usia 52 tahun, kegiatannya mulai lebih banyak dialihkan ke bisnisnya. 

Kini sang mendiang jagoan rally dan drifting tersebut sudah berisitirahat dengan tenang, selamat jalan "Guru", [Aziz/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ken block,
#
drifter,
#
rally,
#
hoonigan,
#
ken block tewas,
#
kecelakaan