MENU
icon label
image label
blacklogo

Kembali ke Formula 1, Antonio Giovinazzi Gantikan Peran Nikita Mazepin?

MAR 04, 2022@15:00 WIB | 228 Views

Nikita Mazepin bisa dibiarkan tanpa kursi Formula 1 karena konflik antara Rusia dan Ukraina.

Nama Antonio Giovinazzi disebut-sebut sebagai kandidat potensial jika Nikita Mazepin kehilangan kursinya di tim Haas di tengah perang antara Rusia dan Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi skala penuh ke Ukraina pada hari Kamis (3/3/2022), dan lebih dari setengah juta orang telah mengungsi akibat konflik tersebut.

Mazepin memasuki Formula 1 sebagai rookie tahun lalu sebagai bagian dari kesepakatan antara Haas dan Uralkali, perusahaan Rusia di mana ayah Mazepin, Dmitry, memiliki saham dalam tim. Uang dari oligarki menjadi jaminan Mazepin untuk membalap, tetapi selama tes pra-musim di Barcelona, Haas menghapus semua merek Uralkali dari mobil mereka sebagai tanggapan atas peristiwa mengerikan di wilayah Eropa Timur.

Ketidakpastian kontrak antara kedua pihak meninggalkan keraguan atas masa depan Nikita Mazepin, yang mungkin superlisensinya dicabut karena sedang dibahas oleh FIA. Kepala tim Guenther Steiner mengungkapkan bahwa keputusan untuk menghapus merek Uralkali berdampak kecil pada tim, tetapi masa depan Mazepin adalah masalah mendesak yang perlu disortir.

"Tidak ada yang merencanakan ini, jadi kami harus mengambil keputusan karena kami memiliki lebih banyak mitra sekarang, dan ini adalah keputusan yang tepat," kata Guenther Steiner pada awak media. “Tidak ada kemunduran untuk sisi kompetisi, kami hanya perlu melalui masalah komersial, kami akan melalui itu dalam beberapa minggu ke depan, tetapi untuk daftar yang harus dilakukan, tidak lebih,” sambungnya.

“Masa depan Mazepin perlu diselesaikan, tapi saya tegaskan bahwa semuanya tidak bergantung pada kami. Ada pemerintah yang terlibat, saya tidak memiliki kekuasaan atas mereka, dan kita juga perlu melihat bagaimana situasi berkembang di Ukraina,” ungkapnya kemudian. Steiner mengaku tidak tahu apa yang akan terjadi pada drivernya, tetapi mengungkapkan bahwa situasi antara Rusia dan Ukraina memberikan pengaruh besar.

“Dia (Mazepin) seperti kebingungan, tim ini pun begitu. Saya tidak bisa memberikan jaminan apa pun dan hanya menunggu,” ungkapnya lagi. Jika Mazepin kehilangan kursinya, Steiner pernah menegaskan bahwa Pietro Fittipaldi akan menjadi nama yang pertama setelah menggantikan Romain Grosjean yang cedera pada akhir 2020. Namun laporan terakhir menunjukkan bahwa mantan driver Sauber dan Alfa Romeo Antonio Giovinazzi bisa masuk sebagai kandidat potensial. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
antonio giovinazzi,
#
nikita mazepin,
#
formula 1,
#
f1 2022