MENU
icon label
image label
blacklogo

Karena Jok Bisa Terbakar, Kia Recall Ratusan Ribu Telluride

JUN 12, 2024@11:30 WIB | 136 Views

Kia telah mengeluarkan recall atau penarikan besar-besaran untuk SUV Telluride, dengan total 462,869 kendaraan dari model tahun 2020 hingga 2024. Alasannya karena ada risiko kebakaran yang berasal dari motor jok listrik baik di jok depan pengemudi maupun penumpang. Hal ini dapat terjadi saat SUV sedang digunakan atau diparkir dengan kunci kontak mati, sehingga Kia mengeluarkan peringatan parkir di luar jikalau joknya terbakar.

Penyebab spesifiknya bukanlah motor jok, melainkan kenop geser yang mengendalikannya. Pemberitahuan penarikan (NHTSA Recall Number 24V-407) menyatakan bahwa benturan eksternal dapat membuat penutup belakang sakelar kursi terlepas. Hal ini dapat menyebabkan ketidaksejajaran sakelar yang mengendalikan motor kursi, dan jika sakelar macet, akan memberikan daya yang konstan ke motor. Jika penumpang tidak menyadarinya, motor bisa menjadi cukup panas untuk memicu api.

Menurut dokumen yang diajukan untuk penarikan tersebut, Kia mengetahui adanya kebakaran kecil di kursi pengemudi yang terjadi pada Telluride 2023 saat sedang dikendarai. Selain itu, terkonfirmasi enam insiden komponen meleleh di bawah jok. Asap di kabin juga dilaporkan menyertai beberapa insiden.

Pemberitahuan penarikan tidak membahas mengenai motor power seat, dan laporan kronologi Kia mengenai masalah ini (sejak Desember 2022) tidak menyebutkan gejala sebelum insiden yang disebutkan di atas. Namun, Kia menyarankan bahwa kursi yang bergerak "bahkan setelah kenop geser kursi dilepaskan" bersamaan dengan bau terbakar, asap, atau kursi yang tidak dapat dioperasikan dapat mengindikasikan adanya masalah.

Cara mengatasinya sangat mudah. Dealer Kia akan memasang braket baru untuk penutup belakang sakelar kursi listrik, dan kenop pengatur kursi akan diganti. Pemberitahuan pemilik tentang penarikan tersebut dimulai melalui surat pada tanggal 30 Juli; pemilik yang bersangkutan juga dapat menghubungi layanan pelanggan Kia dan menyebutkan penarikan kembali SC316. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kia telluride,
#
kia

X