MENU
icon label
image label
blacklogo

Jeep Wagoneer S 2024 Debut Sebagai EV

MAY 31, 2024@13:30 WIB | 243 Views

Jeep telah meluncurkan kendaraan listrik (EV) global pertamanya yang disebut Wagoneer S, yang pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh kedua tahun 2024 sebelum tersedia di pasar di seluruh dunia.

Dibangun di atas platform STLA Large Stellantis, Wagoneer S memiliki arsitektur 400V dan baterai 100 kWh, yang mampu menempuh jarak sekitar 483 km (300 mil). Produsen mobil Amerika tersebut tidak memberikan informasi pengisian daya secara rinci tetapi mengklaim kondisi pengisian daya 20-80% dapat dicapai hanya dalam 23 menit dengan pengisian cepat DC.

Sebagai standar, SUV Jeep ini mendapat pengaturan motor ganda untuk penggerak semua roda, dengan masing-masing gandar mendapatkan modul penggerak listrik rancangan Stellantis yang menggabungkan motor listrik, roda gigi, dan elektronika daya ke dalam satu unit.

Pengaturan ini menghasilkan tenaga 600 hp dan torsi 800 Nm, yang mampu berakselerasi 0-96 km/jam (0-60 mph) dalam waktu 3,4 detik. Sebagai perbandingan, Grand Cherokee Trackhawk lama dengan mesin V8 supercharged 6,2 liternya membutuhkan 3,5 detik untuk menyelesaikan sprint yang sama. Melalui sistem manajemen traksi Selec-Terrain, pengemudi akan memiliki lima mode berkendara yang dapat dipilih, yakni Auto, Sport, Eco, Snow, dan Sand.

Dari segi ukuran, Wagoneer S dengan lima tempat duduk lebih kecil dari Grand Cherokee dan menawarkan desain yang unik tidak seperti model lain di jajaran Jeep. Bentuknya yang ramping, permukaan yang bersih, gagang pintu yang rata, dan spoiler pintu belakang yang menonjol semuanya berkontribusi pada koefisien drag sebesar 0,29.

Sementara itu, gril tujuh slot yang ikonik dari merek ini ditutup pada EV, dengan setiap slot diterangi oleh bilah lampu yang menghubungkan lampu depan ramping. Electronic door releases adalah fitur pertama untuk Jeep yang memulai debutnya di Wagoneer S.

Bagian dalam, terdapat tata letak dasbor yang agak mirip dengan Grand Wagoneer, dengan item familiar seperti roda kemudi palang dua dan layar quad. Bagian atas dasbor memiliki kluster instrumen digital 12,3 inci, layar sentuh infotainment pusat 12,3 inci, dan layar sentuh sisi penumpang 10,25 inci, sementara layar sentuh lain untuk climate system berada tepat di depan konsol tengah.

Infotainment menggunakan sistem Uconnect 5 milik Jeep yang hadir dengan serangkaian pilihan konektivitas, layanan terhubung (via Jeep Connect) dan dukungan pembaruan over-the-air (OTA), sedangkan kebutuhan audio ditangani oleh sistem suara McIntosh 19-speaker dengan 1.160 watt amplifikasi.

Untuk model tahun 2024, Wagoneer S awalnya akan ditawarkan dalam bentuk Launch Edition dengan harga 71,995 Dolar AS (sekitar Rp 1,17 miliaran) yang dilengkapi dengan aksen gelap serta velg hitam gloss berukuran 20 inci. Trim aksen bercat satin, sunroof panoramik dua panel, pencahayaan sekitar 64 warna, kursi berpemanas dan berventilasi, Active Driving Assist, Intersection Collision Assist, Drowsy Driver Detection, Traffic Sign Recognition, dan kamera pandangan sekeliling semuanya merupakan perlengkapan standar. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
jeep wagoneer s 2024,
#
jeep wagoneer,
#
jeep

X