MENU
icon label
image label
blacklogo

Jeep CJ Dicekoki Jantung Listrik, Restorasi Total Dikombo Modifikasi Ala Modern

MAR 14, 2023@14:00 WIB | 527 Views

Bagi para pecinta mobi lawas, pastinya SUV gagah satu ini enggak asing lagi. Yups ini adalah sebuah Jeep CJ buatan medio tahun 1970-1980an. 

Meski berumur lawas, terbukti Jeep CJ memiliki aura dan pecintanya yang banyak hingga saat ini. Hal tersebut pun menjadi alasan Stellantis untuk membangkitkan kembali mobil asal Amerika Serikat ini dengan sentuhan Restomod alias restorasi dan modifikasi.

Enggak tanggung-tanggung, restorasi dan modifikasinya dilakoni secara menyeluruh mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki hingga dapur pacu yang konon tak lagi berpolusi udara dan suara.

Kita mulaid dari eksteriornya, tampang Jeep satu ini gagah dengan guyuran cat oranye yang dipadukan dengan aksen gloss black pada bagian kap mesin dan sedikit tarikan garis surf blue memeluk body.

Tampang depan Jeep ini juga tampil modern, perusahaan modifikasi dan penjual sparepart ini memasangkan bumper aftermarket milik Jeep Rubicon JK plus pasokan winch. Tak ketinggalan, sepasang headlamp lawas juga dipensiunkan diganti dengan satu set headlamp LED DRL smoke.

Masuk ke area kabin, sepasang jok racing berbahan suede dengan design mirip Recaro pun terpasang apik. Pada bagian dashboard, perusahaan ini pun mencangkok speedometer set yang juga milik Wrangler Rubicon JK.

Engine

Pada paragraf di atas, kami menyinggung jika mobil ini tanpa polusi udara dan suara. Ya memang betul, soalnya mobil lawas ini telah dipaksa modern dengan menggantinya mesin konvensional bawaan pabrik dengan jantung pacu electrical vehicle (EV) alias listrik.

Kini mobil yang diberi julukan Jeep CJ Surge ini ditenagai dengan motor listrik 400 volt, dengan output puncak 268 tenaga kuda (200 kilowatt). Sistem penggerak dipasang ke rangka Jeep CJ ini dengan engine mounting padat baru yang dirancang khusus. Untuk mengirimkan tenaga ke keempat roda melalui kotak transfer dua kecepatan dengan persneling yang dapat dipilih.

Bukan lagi pakai bensin atau solar, Jeep CJ ini pun bergerak dengan 24 modul baterai lithium ion berkapasitas 50 kWh yang dibungkus dalam cangkang padat dan terpasang di bagian belakang kabin. 

Tenaganya pun terbilang besar, motor listrik ini mampu memuntahkan tenaga 268 HP atau sekitar 200 kilowatt. Sementara untuk menyalurkan tenaga tersebut, kaki-kaki Jeep CJ ini juga diupgrade.

Satu set ban Mount Terrain (MT)  BF Goodrich 35 inci terpasang memeluk velg original. Mobil ini pun ditarik tinggi dengan body lift kit 2 inci, [Aziz/timBX/berbagaisumber].

Tags :

#
restorasi,
#
restomod,
#
jeep,
#
jeep cj,
#
amerika serikat,
#
motor listrik,
#
electrical vehicle

X