MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Luncurkan Fitur Peringatan Untuk Tunanetra

OCT 13, 2018@11:00 WIB | 145 Views

Teknologi kendaraan listrik memang sangat mengagumkan. Bukan hanya emisi rendah, namun suaranya yang jernih dan tidak berisik. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa pengguna jalan tunanetra. Ketika sedang berada di jalanan, tuna netra tidak mendengar adanya kendaraan yang melintas.

Mengatasi hal tersebut, Jaguar telah merancang sebuah fitur unik untuk memperingati pada tunanetra, yaitu Audible Vehicle Alert System (AVAS). Nantinya, fitur ini akan menghasilkan suara yang dapat didengar untuk kendaraan yang meluncur dengan kecepatan 20 km/h atau lebih. Untuk saat ini, fitur AVAS sudah dipasang ke Jaguar I-PACE.

Untuk masalah kemampuannya, Jaguar sudah bekerja sama dengan organisasi amal Inggris yang berfokus kepada masalah tunanetra, yaitu Guide Dogs for the Blind.

Jaguar NVH Technical Specialist,Iain Suffield, mengatakan, “kami telah mengembangkan fitur tersebut untuk I-PACE untuk memastikan keselamatan bagi semua pengguna jalan.”

“Teknologi kami yang berpotensi menyelamatkan nyawa tidak dapat dimatikan dan sebagai amal utama bagi orang-orang yang kehilangan penglihatan, Kami senang mendapat dukungan dari Guide Dogs untuk memastikan orang-orang tetap merasa aman terhadap semua produk kami,” tambah Suffield.

Policy Business Partner Guide Dogs, John Welsman, mengemukakan tujuannya mendukung teknologi ini. “Ada dua juta anak dan orang dewasa yang tinggal di Inggris yang terkena kehilangan penglihatan. Itulah mengapa Guide Dogs berkampanye untuk mewajibkan kendaraan bersuara rendah untuk memiliki sistem suara ini,” ujar Welsman.[rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
jaguar,
#
jaguar i-pace,
#
guide dogs,
#
audible vehicle alert system (avas)