MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Land Rover Kembangkan Headunit Canggih Tanpa Sentuhan

JUL 28, 2020@09:30 WIB | 302 Views

Berbagai solusi kreatif dikembangkan saat pandemi ini, terutama guna menghindari penyebaran virus. Khusus di bidang otomotif, banyak dikembangkan alat pembasmi virus dan bakteri, alat pembersih tangan, hingga UV sterilizer. Nah, produsen mobil Jaguar Land Rover punya sesuatu yang berbeda untuk solusi covid 19.

Jaguar Land Rover mengatakan jika pihaknya telah mengembangkan headunit layar sentuh yang dapat dioperasikan tanpa sentuhan guna mengurangi kemungkinan penyebaran virus dan bakteri. Membingungkan memang, layar sentuh tapi tanpa disentuh, tapi sesungguhnya sistem ini nyata dan dikembangkan bekerjasama dengan University of Cambridge.

Teknologi ini menggunakan kecerdasan buatan dan sensor pintar untuk memprediksi kemana jari kita akan mendarat di layar tanpa perlu benar-benar menyentuhnya. Jaguar Land Rover mengatakan jika pengujian labnya berhasil mengurangi interaksi sentuhan hingga 50 persen.

Teknologi ini juga disebut Jaguar Land Rover akan dapat berkembang dan berguna di masa mendatang untuk teknologi mobil premium yang lebih higienis. Tak hanya untuk mengurangi penyebaran virus dan bakteri, teknologi ini juga memungkinkan driver lebih fokus pada pengedaraannya, mengurangi risiko kecelakaan.

“Layar sentuh dan layar interaktif lainnya adalah sebuah alat yang cukup sering digunakan setiap harinya. Tapi tentu saja jika berkendara pengoperasiannya dapat mengganggu.” Ucap Professor Simon Godsill dari Cambridge University. “Dan kita juga tahu jika beberapa pathogen dapat hidup dan berpindah pada beberapa jenis permukaan, termasuk layar sentuh, jadi teknologi ini dapat mengurangi risikonya.” Tambahnya.

Sementara itu, Lee Skrypchuk, technical specialist Jaguar Land Rover menyebutkan jika teknologi ini bahkan bisa diaplikasikan ke area selain otomotif. “banyak fasilitas umumnya yang pengoperasiannya menggunakan sentuhan seperti pembelian tiker kereta, bioskop, ATM, gardu parker, supermarket. Jika kita bisa meminimalisasi sentuhan di sektor-sektor tersebut maka penyebaran virus dapat benar-benar diredam.” Tutupnya. [leo/timBX]

Tags :

#
jaguar land rover,
#
uv sterilizer,
#
headunit