MENU
icon label
image label
blacklogo

Jadi Tuan Rumah F1, Inilah Sederet Fakta Menarik Tentang Kota Baku dan Sirkuitnya

JUN 12, 2022@10:00 WIB | 222 Views

Baku yang akan kembali menggelar balapan Formula 1 akhir pekan ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik.

Baku adalah ibu kota Azerbaijan dan akan menjadi tuan rumah gran prix Formula 1 berikutnya. Dan berikut adalah sederet fakta menarik tentang kota Baku dan sirkuitnya:

Baku yang dijuluki ‘Kota Angin’
Azerbaijan memiliki julukan ‘Tanah Api’, tapi ibukotanya yaitu Baku dijuluki ‘Kota Angin’ karena memang banyak angina di sana. Menurut sejumlah laporan, balapan pada akhir pekan di Baku biasanya hangat dan cerah tapi berangin, dan akan menjadi tantangan bagi para driver F1.

Sirkuit jalanan tercepat dan terpanjang
Sirkuit Kota Baku memiliki panjang 6.003 kilometer dan jika berlangsung 51 lap, total jarak balapnya adalah 306.049 kilometer. Sirkuit ini juga memiliki 20 putaran dan kecepatan yang bisa dipacu secara maksimum adalah 340kmh.

Salah satu keunikan dari sirkuit ini adalah pemandangan trek yang dikelilingi tembok kota abad ke-12 yang merupakan situs warisan dunia. Sementara tantangan dari Sirkuit Kota Baku adalah tikungan delapan, sembilan dan 10 memiliki trek yang menyempit.

Keberadaan kastil kuno
Selain tembok-tembok bersejarah, ada pemandangan lain dari sirkuit ini, yaitu dengan keberadaan Kastil Sabayil. Kastil ini dibangun antara tahun 1232-1233, lalu sempat terdampak gempa pada 1306, dan akhirnya muncul kembali pada abad ke-18.

Formula 1 jadi salah satu acara terbesar
Kehadiran ajang balap Formula 1 di kota Baku membuat Azerbaijan mendatangkan banyak wisatawan. Dan menariknya, Formula 1 menjadi salah satu acara terbesar di negara itu setelah kontes Lagu Eurovision pada 2012 dan Olimpiade Eropa 2015.

Kota Baku jadi ‘pusat’ Azerbaijan
Menurut data yang ada, populasi kota Baku mencapai seperempat dari total warga Azerbaijan. Sementara Azerbaijan sendiri adalah negara yang diapit benua Asia dan Eropa serta berbatasan langsung dengan Iran, Georgia, Rusia dan Armenia. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula 1,
#
f1