MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Motor Elektrik Zero SR/S dengan Sentuhan Woolie Woolaway

OCT 14, 2020@12:00 WIB | 255 Views

Produsen sepeda motor elektrik yang berbasis di Amerika, Zero, baru-baru ini menjalin kerjasama yang cukup mengejutkan. Pabrikan memang terkadang berkolaborasi dengan beberapa desainer untuk membawa platform Zero ke arah yang benar-benar baru.

Kali ini, waktunya Zero bekerja sama dengan Deus ex Machina  untuk menciptakan Zero SR/S yang sepenuhnya dapat dikustomisasi. Kolaborasi ini sekaligus menandai pertama kalinya Deus menggarap sepeda motor listrik melalui kustom fabrikator ternama dunia, Michael “Woolie” Woolaway. “Pembuatan sepeda Zero adalah sepeda motor listrik pertama yang pernah saya tangani di tingkat mana pun, dan saya selalu tertarik,” kata Woolie.

Woolie pertama kali bertemu Zero dan melihat sepeda motor SR/F mereka di kompetisi Pikes Peak Hill Climb Challenge 2019. “Ketika saya bertemu orang-orang di Pikes Peak dan benar-benar melihat sepeda dengan baik, saya pikir, sepeda itu adalah platform yang sempurna untuk membangun sesuatu karena tidak ada tangki bensin dan ada rangka teralis yang indah dan tidak ada apa-apa di sana. Jadi dalam pikiran saya dengan tenang, saya berpikir, saya ingin melakukan sesuatu dengan sepeda itu karena itu adalah selembar kertas kosong," tambahnya.

Sejak peristiwa itu, Zero kemudian merilis SR/S dengan fairing penuh, yang dibangun di atas platform yang sama dengan SR/F yang naik ke Pikes Peak. Sepeda itu pun menjadi dasar atas desain ulang Woolie.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang lama dan baru, bentuk lama tempat saya tumbuh dan teknologi baru, tidak ada pekerjaan komputer, hanya busa, plastik, alat pembentuk dan pengukur, alat transfer, dan cara lama."

Woolie mengandalkan cetakan serat karbon satu bagian serta keahlian beberapa insinyur dari Lockheed Martin untuk membantu mempersiapkan bodi baru. Sejumlah komponen ditingkatkan dengan detail lebih halus. Seperti melepas rem kaki JJuan dan menggantinya dengan rem ibu jari khusus dari Spanyol, sehingga tidak ada kontrol kaki. Selain itu, suspensi Showa ditingkatkan dengan skema cat yang menonjolkan sebagian besar konstruksi karbon dengan panel berlapis bening.

Adapun komponen lainnya yang melekat pada Zero SR/S dibuat khusus. Faktanya, Woolie mengandalkan sejumlah teman dan koneksinya di industri untuk suku cadang khusus mulai dari jahitan detail pada jok hingga kaca depan yang ditiup dengan tangan. Ini mengarah pada beberapa pilihan menarik, termasuk sepasang winglet dari mobil F1 menuju ke motor.

Jadi, bagaimana pendapat Anda dengan motor elektrik Zero kustom ala Woolie ini? [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motor elektrik zero sr/s,
#
motor elektrik,
#
woolie woolaway,
#
motor custom,
#
modifikasi motor