MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Honda Civic 1999 Hasil Modifikasi ATS Garage

MAR 28, 2021@11:30 WIB | 445 Views

Modifikasi mobil memang selalu jadi topik menarik untuk dibahas. Kecintaan pada mesin favorit dan keinginan untuk mengubahnya dari versi standar, menjadi tantangan tersendiri bagi Sam Du dan sahabatnya, Philip Thrinh, yang merupakan kru ATS Garage.

Disebut Project EK, modifikasi ini berputar pada Honda Civic 1999, yang dimulai sebagai fixer-upper seharga $1.500 atau hampir Rp22 juta. Ini membutuhkan penggantian hampir setiap komponen utama hingga detail terkecil. Bagaimana tidak, interior mobil setengah hancur dan eksteriornya bermasalah, akibat terlalu lama di bawah sinar matahari selama bertahun-tahun. Meski demikian, Honda Civic ini masih punya banyak potensi berharga di mata kedua pelaku Project EK.

Di bulan pertama pengerjaan, Sam Du dan Philip Thrinh memasang coilovers A'PEXi ExV dan menyempurnakan satu set roda SSR Tipe X 15 inci. Namun setelah perubahan ini, modifikasi mendadak buntu karena keduanya disibukkan dengan urusan masing-masing dan modifikasi membutuhkan perenungan lebih.

Setelah lima tahun, Project EK akhirnya selesai dengan Sam Du mundur, dan diambil alih oleh Philip Thrinh dan ATS Garage. Kini, Honda Civic 1999 Hatchback terlihat memukau dan dapat berkendara lebih baik daripada yang pernah kita bayangkan!

Para kru menyelipkan di bawah kap mesin, JDM B16A 1,6 liter biasa yang tidak terlalu sulit ditemukan, Meski demikian, dibutuhkan sedikit usaha ekstra untuk melegalkannya di atas kertas di negara bagian California. Membuatnya resmi memerlukan pertukaran kontrol emisi dan komponen lain untuk memungkinkan mobil melenggang di jalan raya, dengan penggantian pompa oli, sensor sudut engkol, tabung EVAP dan sebagainya.

Selain menyelesaikan pemeriksaan Kabut Asap California, Philip melakukan uji tuntas untuk memperkuat seri-B dengan menambahkan piston yang lebih besar serta pelindung katup dan penahan Supertech. Ia lalu melanjutkan modifikasi dengan penyetelan tajuk DC Sports, filter udara A'PEXi, dan dudukan mesin Hasport.

Selain mesin, banyak bagian lain dari mobil ini yang terlihat baru berkat Philip yang berusaha keras untuk mencari suku cadang pengganti yang sangat baik. Dengan tetap menggunakan EK OEM+, dia memilih untuk tidak menggunakan body kit atau memasang bagian apa pun yang berlebihan.

Eksteriornya terdiri dari komponen gaya dari Civic Type R JDM dan kaca spion lipat dari model EK4 Eropa. Sasis memiliki fitur CTR sway bar dan kaliper rem Integra Type R, sementara beberapa bantuan aftermarket dipanggil untuk hal-hal seperti rotor dan bantalan EBC, lengan kontrol Voodoo13 dan brace subframe R Crew.

Beralih ke bagian dalam, Anda akan menemukan lebih banyak barang OEM+ seperti roda Recaros dan Civic Type R, kursi belakang, dan panel pintu. Mereka juga mengganti setiap bagian dan panel OEM agar terlihat dan terasa sesegar 30 tahun yang lalu, ditambah lagi dengan AC yang bekerja dengan baik.

Bagian terakhir dari semua adalah catnya, di mana Priola Body Shop di San Mateo bertanggung jawab untuk menyemprot cangkang dengan warna Fashion Grey yang menakjubkan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
modifikasi mobil,
#
honda civic 1999,
#
modifikasi honda civic 1999,
#
modifikasi ats garage