MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Toyota GR Yaris 1.000 HP Pertama di Dunia

JUN 15, 2024@18:00 WIB | 135 Views

Toyota GR Yaris dan GR Corolla merupakan mobil yang patut diperhatikan karena beberapa alasan, namun salah satu aspek utamanya adalah platform mesin yang digunakan bersama. Ini adalah unit kecil 1,6 liter tiga silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga 257 hp (192 kW) dalam bentuk paling dasar. Kini, salah satu perusahaan yang sangat haus akan tenaga, LamSpeed Racing, mengatakan bahwa mereka sedang membangun mobil dengan tenaga 1.000 hp.

Untuk lebih jelasnya, GR Yaris yang dimaksud menghasilkan 887 tenaga kuda (661 kW) dan torsi 573 lb-ft (776 Nm) ke hubnya. Dikatakan hub karena pengujian dilakukan pada hub dyno. Sekarang, mungkin timbul pertanyaan dari mana angka 1.000 tenaga kuda itu berasal. LamSpeed memperhitungkan perkiraan konservatif setidaknya 11,3 persen kehilangan drivetrain antara poros engkol dan hub.

Sebenarnya, tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apakah angka tersebut benar kecuali dengan benar-benar mengeluarkannya dari mobil dan mengujinya pada dudukan mesin. Tetap saja, ini sangat mengesankan terlepas dari output sebenarnya dari engkolnya.

Berdasarkan pembacaan dynamometer, mesin G16E-GTS yang dimaksud menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing pada 8.730 dan 7.701 rpm. Dengan kata lain, begitu mereka membangun kekuatan, mereka tidak berhenti sampai batas merah. Dibutuhkan mesin kecil beberapa saat untuk sampai ke sana. Kurva tenaganya tidak terlalu meningkat hingga sekitar 4.200 rpm.

Mungkin yang lebih mengesankan adalah ia mampu menangani peningkatan sekitar 50 psi dari sekitar 7.000 rpm ke atas. Sekarang, waktunya bagi LamSpeed Racing untuk berlomba dan mencari tahu apakah ia benar-benar dapat mengerahkan tenaga tersebut. Tim mereka telah mencetak rekor di drag strip dan tidak diragukan lagi, kekuatan seperti ini dapat memungkinkan mereka untuk melakukannya sekali lagi. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota gr yaris,
#
toyota,
#
toyota yaris

X