MENU
icon label
image label
blacklogo

Hypercar Dari India Ini Siap Menggemparkan Dunia

OCT 28, 2021@12:00 WIB | 97 Views

India memiliki hypercar yang dapat menyaingi sejumlah merek terkenal di dunia.

Mungkin India lebih dikenal dengan industri otomotif dengan beberapa merek yang tidak terlalu familiar seperti Force Motors Trax Cruiser. Namun siapa sangka negeri ‘Bollywood’ itu juga memiliki proyek hypercar dengan dukungan teknologi canggih?

Produsen otomotif yang berbasis di Mumbai, yaitu Vazirani Automotive, membuat mobil berkecepatan tinggi dan dinamai Ekonk. Vazirani sendiri mungkin tidak asing bagi sebagian orang, karena perusahaan itu pernah menampilkan supercar Shul bertenaga listrik turbin di Goodwood pada awal 2021.

Ekonk merupakan hypercar yang menggunakan tenaga baterai dan memiliki pendingin udara untuk paket baterainya. Akan tetapi Vazirani memiliki teknologi lain untuk Ekonk yang disebut DiCo, yaitu sistem pendingin yang berbeda dengan kendaraan listrik modern pada umumnya.

DiCo memiliki kemampuan seperti beberapa hewan yang dapat mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu, DiCo membuat Ekonk mampu menjaga bobotnya cukup rendah sekitar 1.627 pon (738 kilogram) karena memang tidak menggunakan sistem pendingin berbasis cairan yang rumit dan ditambah dengan bodi yang terbuat dari serat karbon.

Vazirani Automotive juga mengklaim bahwa Ekonk akan menghasilkan daya puncak hingga 722 tenaga kuda (531 kilowatt), dan hanya membutuhkan waktu 2,54 detik untuk melakukan sprint 0-100 km/jam. Karena itu, hypercar yang satu ini disebut-sebut sebagai ‘kendaraan listrik paling ringan di dunia’ dan yang tercepat dari India.

Baca juga: Jelang Peluncuran Bulan Depan, Tampilan Retro Ferrari V12 Hypercar Terungkap

Sang pendiri Vazirani, Chunky Vazirani, mengatakan bahwa Ekonk menjadi permulaan bagi perusahaannya di industri otomotif dengan menyatukan desain dan inovasi. Namun untuk sekarang ini, Ekonk masih berupa prototipe yang diuji di lintasan berkecepatan tinggi di Natrax, India.

Sementara itu, masih belum bisa dipastikan apakah hypercar ini akan diproduksi massal dalam waktu dekat, yang jelas teknologi yang digunakan bisa mengikuti jejak Shul yang telah dijual untuk umum.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
hypercar,
#
hypercar terbaru,
#
force motors trax cruiser,
#
hypercar dari india