MENU
icon label
image label
blacklogo

Hybrid4 : Mobil Balap Canggih dari Peugeot Sport

DEC 23, 2020@09:00 WIB | 2,338 Views

Peugeot Sport telah mengungkapkan detail baru dari powertrain canggih yang akan digunakannya untuk bersaing di kelas hypercar Le Mans baru. Pabrikan dipastikan kembali balapan di Kejuaraan Ketahanan Dunia 2022 dengan mobil balap canggih yang satu ini.

Hypercar dari Peugeot menggabungkan 500kW V6 dengan motor listrik 200kW yang dipasang di depan, untuk performa yang luar biasa. Dinamai Peugeot Hybrid4 500KW, hibrida bensin-listrik baru telah dikembangkan untuk menghasilkan lebih dari 500 kW pada trim balapan.

Mobil ini dikembangkan oleh pembuat mobil Prancis, yang membawa mesin bensin V6 2,6 liter twin turbocharged, dengan bobot total 165 kg. Ini hanya 15 kg lebih berat dari mesin F1 1,6 liter V6 turbo yang kita kenal. Dikombinasikan dengan transmisi sekuensial tujuh kecepatan, turbo V6 baru telah dikembangkan untuk mengerakkan roda belakang saja.

Di depan, ada satu motor listrik yang menggerakkan poros depan. Ini menghasilkan sekitar 200 kW dan menarik energi dari baterai 900 volt yang berada di tengah mobil untuk distribusi bobot yang optimal.

Sebelum balapan, baterai dirancang untuk diisi melalui sumber plug-in. Tapi begitu naik dan balapan, itu akan jadi pengisian otomatis dan mencabut kembali energi saat pengereman. Maka pengemudi mampu menyesuaikan berapa banyak pengereman regeneratif yang terjadi pada waktu tertentu.

Diklaim oleh produsen, Peugeot Sport baru ini hadir dengan tenaga 700 kW. Meskipun sesuai dengan peraturan hypercar WEC yang baru, tenaga yang digunakan tidak lebih dari 500 kW. Adapun powertrain bensin diputar kembali menjadi sekitar 300 kW hingga baterai habis. Pada saat itu, mobil dapat kembali ke tenaga 500 kW secara penuh.

Untuk memastikan tidak ada kecurangan, sensor menampilkan berapa banyak daya yang dikirim ke empat roda FIA secara real time selama balapan. Aturan baru lainnya untuk kelas tersebut adalah melarang motor listrik digunakan dengan kecepatan kurang dari 120 km/jam.

Dengan ukuran hypercar kelas atas baru yang diperpanjang menjadi lima meter dengan lebar sekarang berukuran dua meter, diperkirakan Peugeot juga akan menampilkan aerodinamika baru yang liar.

Peugeot Sport telah mengonfirmasi akan melakukan pengujian mobil balap barunya dengan pemenang tiga kali Le Mans pada 2021. Ini diharapkan akan meraih kemenangan di balapan ketahanan yang terkenal di dunia, pada tahun 2022 mendatang.

Meskipun Peugeot Sport mengembangkan powertrain baru dari awal, peraturan hypercar baru telah dirancang dengan fokus pada pemotongan biaya. Sehingga anggaran setiap musim dibatasi hingga $20 juta dolar AS atau Rp284,5 miliar rupiah.

Pabrikan diizinkan untuk mengembangkan pembalap yang dipesan lebih dahulu, atau memodifikasi hypercar umum di jalan raya untuk digunakan dalam balapan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
hybrid4,
#
mobil balap canggih,
#
peugeot sport,
#
mobil balap peugeot,
#
hypercar le mans