MENU
icon label
image label
blacklogo

Wuih, Peugeot Sport Bikin Mobil Hybrid Bertenaga 400HP

FEB 24, 2019@14:00 WIB | 445 Views

Konsep 308 R menyumbangkan penampilannya yang luar biasa ke segmen sedan sport 4WD. Sementara SUV kencang saat ini mungkin sudah jadi 'trend', sedan sport juga mungkin belum waktunya mati. Faktanya, 508 Peugeot Sport Engineered ini menyiratkan sebuah trend yang diyakini bakal diminati di masa depan.

Ini adalah mobil konsep Geneva Motor Show sekarang yang menampilkan preview seperti apa model Peugeot Sport berikutnya. Mengikuti 308 GTI dan 208 GTI yang luar biasa, dia memiliki beberapa tujuan untuk dicapai. Dengan drivetrain bensin-listriknya yang menawarkan 400bhp, sepertinya ini harus diteruskan.

Daya itu berasal dari kombinasi mesin 11,6 liter turbo 4 silinder 197bhp dan motor listrik 110bhp yang beroperasi di gardan depan, dan tambahan motor 200bhp yang menggerakkan gardan belakang. Jadi ya, ini penggerak empat roda, memastikan semua daya kuda itu harus digunakan secara wajar.

Semuanya terdengar mengingatkan pada mesin yang memberdayakan Peugeot 308 R Hybrid, hatchback sport yang bertenaga 500bhp, tapi sayangnya tidak pernah dibuat. Tetapi jika 508 ini berhasil, 308 R setidaknya tak mati sia-sia.

Memang, banyak teknologi yang terbawa. Sementara 308 R menawarkan output 494bhp untuk berakselerasi, ia dibatasi 400bhp sepanjang perjalanan, dan itulah yang 508 pegang. Jadi, sementara semua sumber dayanya menambahkan hingga 500bhp seperti AMG, mereka hanya akan menambah hingga 400bhp dalam penggunaan  nyata, dan itu hanya ketika Anda mengaktifkan mode drive yang paling sporty dari empat mode drive pilihan.

Bukan berarti Anda harus khawatir. Ia menawarkan performa yang serupa dengan 308 R - dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam dan 0-100 km/jam dalam 4.3 detik - tetapi dengan emisi CO2 49g/km yang disertifikasi WLTP. 'WLTP' adalah singkatan untuk 'sebenarnya cukup realistis', dan itu menunjukkan Peugeot benar-benar menempatkan mobil ini melalui pengujian yang tepat. Mengkonfirmasi kemungkinan produksinya. 508 PSE juga mampu menjelejah sejauh 50 km pada mode listrik saja, yang 308 R tidak bisa lakukan.

Dengan kekuatan hampir dua kali lipat dari 508 berikutnya, tentunya bakal ada beberapa penyesuaian. Ada suspensi yang lebih rendah, lebih luas, adaptif, velg 20in yang menyelubungi cakram rem Peugeot Sport (tidak diragukan lagi dengan kemampuan balap) dan paket aero yang sama sekali baru, dengan berbagai flap dan winglets membantu membuatnya lebih baik mengukir udara. Karena di masa depan, beberapa di antaranya bahkan dicetak secara 3D.

Semua baterai disimpan di bawah jok belakang, tetapi kami yakin masih ada ruang yang sama untuk orang-orang yang ada di sana. Kelihatannya benar-benar mewah di dalamnya, dengan banyak karbon, jahitan Alcantara dan 'Kryptonite'. Kami berasumsi bahwa yang mereka maksudkan adalah warna hijau yang menyeramkan daripada bahan yang dibuat-buat dari film.

Cukup banyak hal yang masuk akal dari segi produksi yang tidak kita ketahui, tetapi hampir semua tentang 508 PSE terlihat dan terdengar sangat nyata, dan kami menduga hanya sedikit karbon dan jumlah winglet yang dipakai saat dia menyentuh lantai showroom.

Memang, winglets tersebut belum benar-benar diuji di terowongan udara. Mungkin mereka tidak bekerja atau melanggar regulasi pejalan kaki, dalam hal ini mereka akan dihilangkan. "Mereka terlihat cepat," kata bos Peugeot Sport, Bruno Famin, "dan itu penting". Dia juga mengatakan kepada media bahwa versi produksi akan memiliki kekuatan sedikit lebih sedikit daripada konsep tetapi masih ada  "350 tenaga kuda atau minus 10, dan patokan performanya adalah Audi S4."

Kita bisa melihat mobil ini awal 2020, dengan kemungkinan versi estate. Kami sangat menyukai semua yang telah dibuat Peugeot Sport sejauh ini, jadi dengan banyak tenaga ekstra dan gardan belakang sebagai penggerak, kami sangat bersemangat untuk ini. Kalau BlackPals, gimana? [bil/timBX]

Tags :

#
peugeot,
#
peugeot sport,
#
hybrid,
#
508 peugeot sport engineered,
#
308 r hybrid,
#
geneva motor show,
#
auto news