MENU
icon label
image label
blacklogo

HULK : Modifikasi Kawasaki ZX-10R Terkencang di Indonesia

AUG 28, 2020@15:18 WIB | 1,395 Views

Perkembangan dunia OTOMOTIF roda dua boleh dibilang lumayan, disektor modfikasi dan sport mungkin menjadi pemicu perkembangan dunia superbike. Kawasaki ZX-10R menjadi salah satunya diantara superbike lainnya. Harganya yang hampir menyentuh setengah milyar, menjadi cukup terjangkau untuk dikoleksi bahkan untuk dimodifikasi.  Menyandang superbike tercepat, tidak mudah bagi Harry Affandi sang owner yang baru saja me meminang dari  Qbot bergelar Sultan Herex,  atlet drag moge yang mencatatkan 9.55 detik untuk jarak 402 meter, selama dua tahun.

Kini ZX-10R  tak ubahnya menjadi icon baru superbike di Jakarta.  Harry Affandi sosok pencetus komunitas Jakarta Wheelie Maniac cukup enerjik memperkenalkan kemampuan aksi di jalanan ibu  Kota saat weekend.  Bahkan motor dengan gen drag performance ini ditaklukkan untuk pengujian di sirkuit Sentul. "Mungkin orang menyangsikan motor drag dikendarai di sirkuit balap, namun saya membuktikan bahwa Kawasaki ZX-10R ini bisa lari 266 kpj, hanya dalam rentang 300 meter di trek lurus Sentul," tutur Harry saat mengikuti Sentul Track Day 12 Juli 2020 lalu.

Mungkin BlackPals sudah sering dengar istilah remap ECU? Penulis sendiri baru melihat penggunaannya di mobil sedan sport yang cukup laris manis di Jakarta. Sementara ZX10-R  sendiri yang secara gen adalah motor harian dan track ternyata tidak diberikan fitur terbaiknya kepada konsumen, seperti penerusnya ZX-10RR.  Tenaga mesin di kunci 197HP, serta torsi dari 83 Nm, sektor performance yang kemudian menjadi bagian perhatian khusus untuk turun di kelas Drag, melalui Woolich Racing ECU System Software. 

"Dengan mempertahankan ECU standar ZX10R, namun sudah diunlock menggunakan Woolich Racing ECU sistem. Dengan aktivasi password seharga Rp30 juta, beberapa fitur terkunci bisa berfungsi, seperti Auto WarmUp, Pit Speed Limiter, Auto Launch Control kembali berfungsi, seperti yang ada di ZX10RR. Torsi naik menjadi 120 Nm, dan tenaga mesin 230 Hp. Catatan password unlock tersebut hanya untuk satu nomor ecu dan mesin," cetus Harry tersenyum menceritakan ulang apa dilakukan Bro Qbot Surabaya.

Faktor riset menjadi penting, kenapa motor ini bisa dua tahun memegang rekor drag 402 meter selama 2 tahun berturut-turut. Hal itu terlihat langsung bagaimana sang owner sebelumnya Sultan Herex menyebut ZX10R sebagai karya yang digandrungi di dunia drag nasional dan perpindahan tangan ke bro Harry adalah sebuah keniscayaan sebagai pegiat superbike di ibu kota Jakarta.

 

"Karya saya cukup dihargai oleh bro Harry @harry_affandy, dan peran serta mekanik Muhammad Sofyan @rainmazta69 yang berhasil mereflash ECU standar dan pengorbanan cukup besar suka dan duka mengantarkan Hulk menjadi yang tercepat dan dipinang oleh orang yang tepat," ujar om Qbot129 saat melepas Hulk dengan biasa riset mencapai Rp120 juta, ke bro Harry melalui media instagramnya.

Meminang motor ZX-10R terkencang ini cukup menggembirakan buat bro Harry sang owner. Dirinya yang aktif di Jakarta Wheelie Maniac, tim199 plus, JakartaBikers Community, Jakarta Morning Ride dan beberapa komunitas lain. Semua komunitas tersebut merupakan pegiat sportbike hingga superbike."Secara fungsional motor memang masih sebatas sunmori dalam kota atau turing luar kota," aku bro Harry singkat.

Trend penurunan berat Kawasaki ZX-10R terlihat dari penggunaan velg Rotobox depan dan belakang, cukup membantu saat cornering terutama di sirkuit, selain event drag. Beban motor terkurasi dan itu membantu tenaga ZX-10R melesat lebih cepat. Modifikasi lain lebih ke kenyamanan, penggunaan fullsix Carbon frame cover, untuk melindungi hawa mesin moge yang panas. Windshield, engine cover, chain adjuster, rear wheel stand, frame slider adalah part-part pendukung dari Hulk ZX-10R.

Sementara saat akselerasi melawan angin, telah didukung winglet Puig, dan kaliper braking air scoop sebuah terowongan angin untuk mendinginkan kanvas rem, saat putaran ban memberikan efek panas berlebih dan mengurangi daya cengkram. Dua part tersebut sudah diadopsi oleh pemain MotoGP dan diadopsi di motor superbike seperti ZX-10R ini.

Dalam waktu dekat pengguna sport bike dan superbike bakal diajak untuk meramaikan kelas 600c,900cc dan 1000cc di event Sentul. Dan itu challenge bagi penggemar superbike untuk turun ke sirkuit menyalurkan bakat dan adrenalin kaum laki-laki untuk menambah skill berkendara dan knowledge saat handling motorbesar. 

Bagi Harry, arti modifikasi menurutnya adalah mengambil jalur fungsional, meski sebagian lain mengejar look. "Setiap modifikasi yang saya lakukan mulai dari engine, elektrikal, body dan kaki-kaki cukup mendukung akselerasi, handling dan aerodinamika," tutup Harry kepada tim Blackxperience.com.[Ahs/timBX]

Tags :

#
two wheelers modifikasi,
#
modifikasi motor,
#
modifikasi superbike,
#
kawasaki zx-10r 2018,
#
harry affandi,
#
qbot129,
#
motor drag nasional tercepat