MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Sensing Next Gen Dapat Fitur Hands-Free dan Tersedia Untuk Pasar AS

DEC 01, 2022@17:00 WIB | 730 Views

Raksasa otomotif, Honda, berencana akan mengembangkan fitur Honda Sensing menjadi lebih canggih di masa depan. Ancaman dari kendaraan semi-otonom ditanggapi serius oleh pabrikan asal Jepang ini,  dengan mengumumkan fitur baru untuk rangkaian teknologi Sensing 360 dan Sensing Elite mereka.

Honda memperluas ketersediaan teknologi bantuan pengemudi generasi berikutnya di luar pasar asalnya di Jepang dan China. Nantinya akan dijadikan standar pada model Honda yang berbasis di AS pada tahun 2030.

Kemajuan keselamatan terbaru ini mencerminkan visi global yang diumumkan oleh CEO global Honda Toshihiro Mibe pada April 2021, untuk mengupayakan nol kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global pada tahun 2050 dan netralitas karbon untuk produk dan aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

Suite Honda Sensing 360 akan menampilkan sistem mengemudi semi-otonom mirip Super Cruise yang dikenal sebagai Advanced In-Lane Driving with Hands-off Function. 

Sistem ini akan membuat kendaraan tetap berada di jalurnya sambil mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi. Sistem ini juga memiliki Advanced Lane Change with Hands-off Function, yang memungkinkan pengemudi berpindah jalur secara otomatis saat sistem mengemudi semi-otonom diaktifkan.

Honda juga telah mengembangkan Sistem Dukungan Darurat Pengemudi Honda bertujuan untuk membantu pengemudi yang menjadi tidak mampu atau lumpuh. Ini menggunakan kamera untuk memantau pengemudi dan melihat apakah mata mereka terbuka dan apakah kepala mereka terangkat.

Sistem akan membuat mobil tetap berada di jalurnya sambil memberikan peringatan yang dapat didengar dan terlihat untuk menarik perhatian pengemudi. Jika pengemudi gagal merespons, peringatan akan semakin keras dan akselerator akan dinonaktifkan untuk mencegah akselerasi mendadak yang tidak disengaja jika pengemudi merespons dengan panik. 

Sistem ini juga dapat memanggil petugas tanggap darurat karena pengemudi yang lumpuh dapat menderita keadaan darurat medis seperti serangan jantung atau stroke.

Lalu ada Exit Warning yang mendeteksi kendaraan dan pesepeda yang mendekat dari belakang saat kendaraan diparkir. Indikator menyala untuk memperingatkan penghuni dan, jika mereka membuka pintu secara tidak sengaja, indikator akan berkedip dan alarm akan berbunyi.

Rangkaian Honda Sensing Elite generasi berikutnya adalah unggulan teknologi yang menampilkan kecerdasan buatan, yang “berkembang sambil mengumpulkan pengalaman seperti [seorang] manusia”. 

Intinya, Sensing Elite bertujuan untuk memungkinkan mengemudi bebas genggam saat bergabung atau keluar dari jalan raya. Pengemudi juga dapat mengharapkan operasi hands-free selama kemacetan lalu lintas di jalan.

Suite Honda Sensing Elite berikutnya juga menjanjikan untuk membangun kemampuan parkir yang ada dengan fungsi "parkir valet otomatis" yang akan memungkinkan pemilik memanggil kendaraan mereka, sehingga akan mendatangi mereka.

Fitur canggih Honda Sensing Elite ini dijadwalkan untuk mulai diluncurkan pada pertengahan dekade ini, tidak lama setelah fungsi Sensing 360 baru mulai hadir pada tahun 2024. [wic/tim BX].

Tags :

#
honda,
#
honda sensing,
#
honda sensing 360,
#
sensing elite,
#
pasar amerika serikat