MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Sedang Kerjakan Fitur Keamanan Self Counter Steering System

FEB 08, 2022@09:00 WIB | 373 Views

Selama dua tahun terakhir, teknologi sensor radar sangat populer di kalangan produsen sepeda motor yang dilengkapi dengan cruise control adaptif dan deteksi blind spot. Namun, upaya untuk meningkatkan keselamatan pengendara membuat Honda mengambil pendekatan yang berbeda dengan mengembangkan sistem counter-steer untuk GL1800 Gold Wing.

Bantuan kemudi canggih telah menjadi agenda utama Honda selama beberapa waktu. Setelah memperkenalkan sistem Riding Assist-E, pabrikan dengan logo sayap mengepak ini sekarang sedang dalam tahap pengembangan sistem baru ini. Berbeda dengan sistem Riding Assist-E yang menggunakan roda gila giroskop untuk menjaga motor agar tetap tegak, sistem baru ini menggunakan motor listrik yang terletak di depan untuk membantu counter-steer sepeda jika merasakan sepeda motor akan meluncur.

Meskipun konfigurasinya sederhana, namun mekanisme kerjanya rumit. Aktuator elektronik dipasang di dekat stang dan dihubungkan ke segitiga bagian atas melalui tuas dan sebuah batangan. Selama insiden, aktuator akan aktif dan menentukan jumlah gaya berlawanan yang diperlukan untuk melawan ketidaksejajaran roda depan atau belakang.

Meskipun dapat membantu pengendara untuk menghindari tabrakan atau insiden yang tidak diinginkan, perangkat keras yang memungkinkan motor berjalan dengan sendirinya tampaknya cukup menakutkan. Namun demikian, sistem counter-steer hanya dibuat khusus untuk Gold Wing dan mungkin tidak akan ditemukan di jajaran roda dua Honda lainnya. Mengingat Gold Wing sendiri berbobot 382 kilogram, dibutuhkan beragam fitur canggih untuk meningkatkan keselamatan pengendara. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
self counter steering system,
#
honda gold wing