MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Menangkan Perlombaan Level 3 Autonomous Driving

NOV 17, 2020@15:30 WIB | 197 Views

Produsen mobil Jepang mengklaim Legend baru akan menjadi mobil pertama yang diizinkan secara hukum untuk membiarkan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan. Honda mengumumkan telah menjadi produsen mobil pertama di dunia yang menawarkan kendaraan otonom Level 3 yang dapat melakukan perjalanan secara legal di jalan umum tanpa masukan dari pengemudi.

Mengalahkan produsen mobil lain selama berbulan-bulan, mobil pertama yang mendapatan teknologi Level 3 penuh dari Honda adalah sedan Legend baru yang dijual di Jepang dan akan dijual sebelum akhir Maret 2021. Terpenting, tak seperti beberapa pesaingnya, Honda mendapatkan sertifikasi sistem Traffic Jam Pilot oleh legislator. Namun, teknologi tanpa pengemudi hanya dapat digunakan di jalanan Jepang.

Kondisi yang harus dipenuhi Honda untuk mendapatkan sertifikasi alat bantu mengemudi Level 3 yang baru melibatkan pengembangan sistem yang memperingatkan pengemudi ketika mobil perlu mengendalikan kemudi. Jika pengemudi tidak merespons, Honda diharuskan menghentikan kendaraan dengan aman dengan sendirinya.

Langkah-langkah keamanan lainnya yang diminta oleh pemerintah Jepang termasuk langkah-langkah untuk melindungi Legend dari serangan dunia maya, pemantauan pengemudi yang ditingkatkan, dan perekam data canggih untuk mencatat operasi pengemudian otomatis selama enam bulan pertama kepemilikan.

Terakhir, Honda Level 3 harus memasang stiker untuk menunjukkan kepada pengguna jalan lain bahwa ia dilengkapi alat bantu mengemudi otonom. Saat bekerja, Honda Legend akan mampu mengemudi sendiri secara penuh di lokasi geofenced khusus, seperti jalan raya.

Saat beroperasi, pengemudi dapat mengalihkan pandangan dari jalan, membaca buku, membalas email, atau bahkan menonton film.

Mercedes-Benz baru-baru ini mengumumkan bahwa sementara S-Class barunya beroperasi dalam mode otonom Level 3, asuransinya akan menanggung biaya kecelakaan yang dianggap disebabkan oleh kesalahan pada sistem bantuan pengemudi. Tidak diketahui apakah Honda memiliki rencana serupa, atau kecepatan apa yang akan dibatasi Legend ketika dalam mode otonom penuh.

Hukum Jerman saat ini hanya mengizinkan S-Class baru untuk beroperasi dalam mode tanpa pengemudi penuh dengan kecepatan hingga 60 km/jam mulai paruh kedua tahun 2021. Namun, Honda belum mengumumkan kapan mereka berencana untuk meluncurkan alat bantu mengemudi otonom Level 3 di pasar lain, yang belum mendapatkan persetujuan regulasi untuk teknologi tersebut. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
autonomous driving,
#
mobil otonom,
#
kendaraan otonom