MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda, Kawasaki, Suzuki, Dan Yamaha Berkolaborasi Menghadirkan Motor Hidrogen

MAY 19, 2023@12:00 WIB | 522 Views

4 pabrikan motor asal Jepang yang selama ini berlangsung persaingan sengit yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha akan melakukan sebuah kerjasama penting. 4 pabrikan motor raksasa ini akan berkolaborasi menghadirkan produk motor yang menggunakan teknologi hidrogen dan dikembangan secara bersama-sama.

Dilansir Rideapart, Rabu (17/5/2023), kerjasama 4 pabrikan ini diumumkan dalam sebuah acara konferensi tahunan yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Kerjasama ini akan dinamai sebagai HySE atau memiliki kepanjangan “Hydrogen Small Mobility and Engine Technology”.

Dalam kerjasama ini mereka akan bersinergi menghadirkan motor hidrogen berukuran kecil yang selain digunakan untuk umum, juga disiapkan untuk kendaraan umum di masa depan. Keempat perusahaan ini nantinya juga akan membentuk sebuah wadah organisasi untuk memperlancar pengembangan motor hidrogen ini.

Keempat perusahaan ini akan dibantu oleh Toyota Motor Corp yang sebelumnya sudah mengembangkan mobil bermesin hidrogen. Selain itu, anak perusahaan Kawasaki Heavy Industries juga akan dilibatkan karena pengalamannya membuat bahan hidrogen cair.

Tidak sampai disitu, mereka juga akan dibantu oleh para ahli dari Eropa dan Amerika Serikat ikut terlibat dalam proyek ini. Nantinya semua yang terlibat di HySE ini akan memutuskan bagaimana arah pengembangan motor hidrogen yang selama ini sulit berkembang karena banyaknya masalah yang berkaitan dengan teknis.

Keempat perusahaan penggagas merasa bahwa sistem pembakaran hidrogen yang lebih mudah terbakar tidak sesuai dengan teknologi motor yang ada. Terlebih motor memiliki sistem ruang bakar yang terbatas dan sulit untuk membuatnya ramah lingkungan dan efisien.

Dalam sambutannya, Presiden Yamaha, Yoshihiro Takeda menyebut bahwa meskipun masalah pada teknis begitu terasa, ia optimis bahwa teknologi hidrogen di motor ini punya potensi yang bagus. “Selain motor listrik, saya rasa motor dengan bahan hidrogen bisa menjadi bahan alternatif yang bisa memberikan netralitas karbon yang baik”, ujarnya. [edo/timBX]

Tags :

#
motor hidrogen,
#
honda,
#
kawasaki,
#
suzuki,
#
yamaha

X