MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda CR-Z 2011 Menggunakan Turbocharging Hybrid Untuk Efisiensi Bahan Bakar

SEP 25, 2021@18:00 WIB | 140 Views

Mobil Hybrid kini terus semakin diminati karena menjadi kendaraan hemat bahan bakar. Tapi apakah mobil hybrid bisa lebih hemat penggunaan bahan bakar?

Motor Mythbusters menjadi salah satu pembuat turbo hybrid terbaik yang kini memproduksikannya pada 2011 Honda CR-Z, dimana turbo ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Bagaimana turbo hybrid bekerja? Honda CR-Z memiliki roda motor listrik di antara mesin bensin empat silinder 1,5 liter. Motor listrik ditenagai oleh sistem DC tegangan tinggi yang terpisah dari elektronik 12 volt CR-Z lainnya.

Komputer Honda yang mendeteksi perlunya peningkatan tenaga, motor listrik akan bekerja dan meningkatkan tenaga mesin bensin, sehingga CR-Z tetap melaju dengan mantap dan tanpa butuh banyak tenaga yang besar. Mesin gas akan mati sepenuhnya dan motor listrik akan menyediakan penggerak bantuan.

Baca juga: Honda Berkolaborasi Dengan Google Sematkan Connected Service Pada Model All New 2022

Sistem juga bekerja secara terbalik. Saat rem diinjak motor listrik bertindak sebagai generator, menggunakan momentum maju CR-Z untuk mengisi ulang baterai DC. Beberapa mobil hybrid dan listrik memiliki regenerasi baterai yang kuat yang dirancang ke dalam sistem, dimana rem tidak perlu diterapkan dalam kondisi mengemudi biasa untuk menghentikan mobil.

Dalam kebanyakan kasus, mobil hybrid lebih hemat bahan bakar daripada rekan-rekan mereka hanya pembakaran internal karena penambahan motor listrik memungkinkan mesin pembakaran internal bekerja lebih sedikit. Lebih sedikit pekerjaan untuk mesin yang membakar bahan bakar, berarti lebih sedikit bahan bakar yang terbakar. Hal ini lebih efisien, tetapi hibridisasi hanyalah contoh terbaru dari peningkatan efisiensi bahan bakar di mobil.

Meningkatkan Performa dan Efisiensi

Turbocharging telah menjadi pilihan yang populer dan efisien, beberapa pabrikan untuk menghilangkan mesin berpenggerak besar dan disedot secara alami sebagai pilihan premium, diantaranya Ford F-150. Beberapa opsi V-8 yang tersedia di F-150, penguasa utamanya adalah EcoBoost V-6 twin-turbocharged 3,5 liter. Tersedia dalam F-150 dan tersebar di seluruh armada Ford sejak 2011, EcoBoost V-6 3,5 liter menghasilkan tenaga sebesar V-8 5,0 liter, sementara hemat bahan bakar hingga 25 persen. Pada trim F-150 Raptor teratas, EcoBoost V-6 3,5 liter menghasilkan 450 hp dan bagus untuk 18 mpg.

Sedangkan mesin EcoBoost yang lebih kecil seperti 2,3 liter EcoBoost turbo inline-four di Ford Ranger, juga ada di Mustang. Baik untuk hampir 300 hp dan 26 mpg, generasi Ford Ranger saat ini lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dari sebelumnya, berkat turbocharging. Jajaran mesin EcoBoost turbocharged Ford adalah beberapa yang paling efisien di dunia, sambil mempertahankan rasio horsepower-to-displacement yang menyenangkan.

Baca juga: Honda Passport 2022 Tampil Lebih Tangguh!

Turbocharger memungkinkan mesin dengan perpindahan kecil menghasilkan lebih banyak tenaga daripada yang mampu dilakukan tanpa induksi paksa, tetapi memaksa lebih banyak udara ke dalam siklus pembakaran mesin gas tidak serta merta menghasilkan tenaga yang lebih besar. Lebih banyak bahan bakar masuk pada saat yang sama agar tidak merusak mesin.

Mesin turbocharged dapat menghasilkan tenaga sebanyak mesin naturally aspirated yang lebih besar dengan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar, tetapi membandingkan mesin turbocharged dengan mesin naturally aspirated dengan ukuran yang sama memiliki efek berbeda. Motor MythBusters mungkin telah meningkatkan tenaga Honda CR-Z 2011 mereka dengan turbocharger, tetapi apakah hal itu berhasil mempengaruhi efisiensi bahan bakar?[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
mobil honda,
#
mobil honda terbaru,
#
honda cr-z 2011,
#
turbocharging hybrid