MENU
icon label
image label
blacklogo

Grand Prix Spanyol Masuk Kalender F1 2020

AUG 04, 2019@08:43 WIB | 470 Views

Grand Prix Spanyol akan tetap ada di kalender Formula 1 2020 setelah pemerintah Catalan menyetujui rencana perpanjangan kontrak satu tahun Circuit de Barcelona-Catalunya.

Masa depan acara tersebut sempat diragukan selama beberapa bulan belakangan karena gagal mengamankan kesepakatan baru dengan organisasi Formula 1.

Barcelona adalah salah satu dari lima balapan yang kontraknya habis pada akhir musim ini, dan sirkuit itu diyakini akan tetap bertahan di kalender bersama Jerman dan Meksiko.

Namun, pemerintah Catalan pada hari Kamis menyetujui rencana untuk perpanjangan kontrak yang ada untuk tahun 2020, mengatakan bahwa ini berarti Barcelona akan menjadi tuan rumah Grand Prix Spanyol ke-30 tahun depan.

"Dewan eksekutif hari ini telah memberi wewenang kepada Circuits de Catalunya untuk menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun bersama organisasi Grand Prix Spanyol F1 dengan perusahaan Formula One World Championship Limited," kata Gubernur de la Generalitat de Catalunya dalam sebuah pernyataan.

"Penandatanganan berikutnya menjamin acara ke-30 [dilaksanakan] berturut-turut di Sirkuit Barcelona-Catalunya, di Montmelo.”

"Grand Prix Formula 1 di Catalunya adalah acara yang berkontribusi pada penentuan posisi Catalunya di bidang pariwisata dan industri otomotif.”

"Kelanjutannya juga akan memungkinkan kehadiran Circuit de Barcelona-Catalunya dalam kalender kompetisi motor nasional dan internasional sementara rencana strategis jangka panjang untuk Circuit de Catalunya sedang disusun."

Menurut kabar dari media Spanyol, balapan Barcelona tahun 2020 akan berlangsung pada 15-17 Mei, di antara Grand Prix Belanda dan Monaco.

Dengan putaran baru di Vietnam dan Belanda masuk dalam kalender F1 2020, musim depan akan berkembang menjadi 22 balapan sekaligus menjadikannya kejuaraan dunia F1 terbesar dalam sejarah.

Kalender F1 yang padat pun bisa menimbulkan bentrokan penjadwalan bagi badan penyelenggara, dengan Grand Prix Australia menjadi satu-satunya balapan saat ini memiliki tanggal resmi (15 Maret), sebelum menuju ke Bahrain, China dan Vietnam pada awal musim.

Perlu diingat juga bahwa kalender perlombaan kejuaraan dunia F1 tahun 2020 secara resmi belum dikonfirmasi oleh FIA dan Liberty Media. Hal ini perlu disepakai melalui FIA World Motor Sport Council terlebih dahulu.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
grand prix spanyol,
#
f1,
#
circuit de barcelona catalunya,
#
formula 1