MENU
icon label
image label
blacklogo

Generasi Penerus Suzuki Hayabusa Punya Tiga Fitur Canggih, EICMA 2020 Menjadi Target Unveiling

FEB 12, 2020@13:00 WIB | 144 Views

Hayabusa Reborn 2021 semakin menguat setelah sebelumnya kami  informasikan  bahwa Hayabusa bakal tampil di EICMA, Milan Motorcycle Show 2020, dengan kubikasi mesin naik menjadi 1400cc, dan diproduksi dengan regulasi emisi Euro 5. Itu berarti pihak Suzuki Hamamatsu juga menambahkan fitur active carbon filters, untuk mereduksi emisi. Mesin 4 silinder Hayabusa akan diteruskan, namun  beberapa fitur terbaru sudah mulai diterapkan seperti fitur gearbox semi otomatis.

Hayabusa saat ini masih dijual di Amerika Serikat dan market lainnya, kecuali Eropa yang memasang regulasi emisi tinggi. Selain itu, Hayabusa 2021 nanti juga bakal diberikan fitur elektrikal terbaru, harapannya, Hayabusa generasi selanjutnya dapat mencapai kecepatan tertingginya.

Beberapa bagian part telah memasuki didaftarkan ke hak paten. Salah satunya carbon canister untuk menyaring gas knalpot agar lebih efisien. Hayabusa 2021 lebih diharapkan sebagai hypersports yang kuat, namun juga ramah emisi. Dan prediksi kekuatannya bakal dibatasi 200 hp, dan patuh pada regulasi emisi Euro 5.

Sektor gearbox  Hayabusa next generation bakal menggunakan semi otomatis, menggantikan transmisi manual 6 percepatan tradisional. Berdasarkan tiga paten dari Suzuki Jepang, Jerman dan  Amerika Serikat, para insinyur Suzuki bisa menggunakan actuator guna mengontrol kopling dan gear shifts.

Seperti yang terlihat di gambar paten berikut, bentuk motor lebih langsing dari bentuk Hayabusa sebelumnya. Hal itu terbantu karena pada insinyur Suzuki menggunakan subframe yang bolt on. Itu berarti subframe bakal digantikan bahan alloy casting, sebagai ekstensi tambahan dibawah kursi boncengan  pada motor Suzuki Big Bike ini.

Melihat perkembangan 2018, Suzuki telah mengajukan paten untuk dynamic variable chassis.  Sistem ini bekerja dengan twin spar chassis yang kaku, dengan kemampuan adjustable secara otomatis guna mengukur wheelbase dan ketinggian, melalui mode dan riding condition. Artinya, fitur motor Hayabusa telah memiliki system suspensi yang akfif Black Pals.

Melihat tambahan fitur-fitur baru, membuat Suzuki mencoba kembali untuk menyalip catatan waktu Ninja H2. Namun belum ada kepastian kapan si Next Gen Hayabusa bakal di launching. Kemungkinan bakal di unveil tahun 2020 dan masuk ke market pada tahun 2020. [Ahs/timBX]

Tags :

#
suzuki,
#
suzuki global,
#
suzuki hayabusa,
#
gearbox semi otomatis,
#
carbon canister,
#
dynamic variable chassis