MENU
icon label
image label
blacklogo

Formula E: Mitch Evans Menangi Seri Sao Paulo ePrix Yang Menegangkan

MAR 26, 2023@11:00 WIB | 171 Views

Balapan mobil listrik Formula E musim 2023 telah menuntaskan putaran keenam mereka di Sao Paulo, Brazil. Dalam edisi perdana Sao Paulo ePrix ini, pembalap tim Jaguar, Mitch Evans keluar sebagai pemenang dalam balapan yang cukup menegangkan selama 53 menit ini.

Pembalap asal Selandia Baru ini berhasil ini berhasil menahan gempuran pembalap tim Envision Racing, Nick Cassidy yang menempel ketat di akhir lomba. Podium terakhir berhasil direbut oleh rekan setim Evans di Jaguar, Sam Bird.

Pada awal lomba, peraih pole position, Stofell Vandoorne sebenatnya melakukan start yang cukup baik. Pembalap tim Penske ini berhasil mempertahankan posisinya dari Antonio Felix da Costa (Porsche) dan Mitch Evans di awal lomba.

Balapan belum genap 1 lap, pembalap tim Nissan, Norman Nato menjadi pembalap pertama yang gagal finish karena insiden di tikungan ketiga. Lalu Edoardo Mortara juga hampir saja celaka di lap pembuka meskipun pembalap tim Masserati ini masih sempat melanjutkan lomba hingga akhirnya harus mengakhiri lomba 16 lap sebelum finish.

Vandoorne terus mencoba untuk mempertahankan keunggulannya serta menggunakan Attack Mode pada awal lomba. Beberapa lap setelahnya, beberapa pembalap seperti Jean-Eric Vergne (Penske) dan Sam Bird juga mengaktifkan Attack Mode. Didepan Vandoorne masih nyaman memimpin dibelakang Evans, Cassidy, dan da Costa.

Lalu pada lap ke 9, Sacha Fenetraz terpaksa keluar balapan karena menabrak tembok di tikungan keenam. Safety Car pun langsung keluar ke lintasan dan berlangsung selama kurang lebih 3 lap. Setelah restart di lap 12, Vandoorne, da Costa, Cassidy, dan Evans berada diposisi 4 besar lomba.

Lalu insiden kembali terjadi antara 2 pemimpin klasmen sementara, Pascal Wehlrein (Porcshe), dan Jake Dennis (Andretti) di lap 16. Akibatnya Dennis harus  keluar dari lomba dan membuat Safety Car kembali turun ke lintasan. Saat safety car kedua ini, Nick Cassidy menjadi pemimpin jalannya lomba, sedangkan Stofell Vandoorne justru turun hingga ke posisi 3.

Setelah restart, Cassidy terus tancap gas untuk mulai meninggalkan para rivalnya. Pascal Wehrlein yang terlibat insiden dengan Dennis masih melanjutkan lomba dan terus merangsek kedepan setelah insiden tersebut.

Dalam fase terakhir menuju garus finish, Mitch Evans akhirnya berhasil menyalip Cassidy dan membuatnya keluar sebagai pemenang seri Sao Paulo ePrix kali ini. Cassidy berada diposisi kedua didepan Sam Bird yang harus puas dipodium ketiga. Antonio Felix da Costa finish keempat didepan, Jean-Eric Vergne dan Stoffel Vandoorne yang finish di nomor 5 dan 6.

Lalu Pascal Wehlrein secara luar biasa berhasil finish diposisi 7 setelah bertarung dari belakang karena insiden dengan Jake Dennis. Melengkapi posisi 10 besar ada ada 2 pembalap tim Mclaren, Jake Hughes dan Rast. Sedangkan pembalap tim Virgin Racing, Sebastien Buemi melengkapi posisi 10 besar.

Dengan hasil ini membuat Pascal Wehlrein tetap memimpin klasmen sementara dengan 86 poin. Jake Dennis yang gagal finish dibalapan kali ini masih berada diposisi kedua dengan 62 poin. Ia hanya unggul 1 poin atas Nick Cassidy dan 4 poin atas Jean-Eric Vergne. Mitch Evans yang jadi pemenang pada seri ini masih berada diposisi 9 klasmen dengan 39 poin.

Balapan Formula E selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit yang berlokasi di bekas Bandara Tempelhof, Berlin, Jerman. Dalam balapan Berlin ePrix ini akan menggelar 2 balapan yang berlangsung pada 22 dan 23 April mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
formula e,
#
sao paulo eprix,
#
mitch evans