MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Mustang 1969, Cangkokan Twin Turbo dan Fitech EFI Berpotensi 1000 hp

MAY 26, 2020@15:07 WIB | 198 Views

Old musclecar masih menjadi idaman modifikasi di dunia saat ini. Bahkan boleh dibilang, saat ini kita hidup di dunia modifikasi Ford Mustang dan Chevy Camaro yang tua. Itu artinya, para petrolheads yang sudah kadung nyemplung di dunia modifikasi, sudah menghabiskan budget modifikasi seharga supercar. Sebelum mengeneralisasi, coba lihat modifikasi berikut ini, Mustang 1969 dimodifikasi wide body, dengan tampilan twin turbo dan massive wing rearnya, layaknya sebuah mobil kompetisi.

Perhatian kami tertuju pada, dua buah cangkang keong turbo sepintas sebagai gaya dragster yang terbangun dari dunia virtual menuju dunia nyata. Apalagi saat kap mesin sengaja dibuka,  tanpa kita sadari, modifikasi ini menanggalkan intake dan pipa knalpot yang sedikit keluar dari pakem industri.

Ford Mustang 1969 ini  mempertahankan mesin mesin V8 302 5.0  liter, yang cukup jarang. Sementara Mustang Boss 302 lahir diantara 1969-1970, kemudian discontinued statusnya. Itu mengapa mesin Mustang Boss dilahirkan untuk kompetisi balap Trans-Am 1969 SCCA, terbilang cukup jarang ketersediannya.

Tak cukup dengan mesin yang langka, upgrade mesin dilakukan dengan mencangkokkan cam dan head dari Edelbrock, dengan rasio 1,6. Akibatnya tenaganya pun diklaim dikisaran 600 hp, meski sang owner JF Boosted atau Jonathan Flores berencana membuat setup mesin yang lebih baik.

Modifikasi tak pernah puas, mesin 5000 cc ini direncanakan membuat tenaga mesin meningkat hingga 1000 hp. Itu diukung penggunaan Fitech EFI membantuk peningkatan aliran bahan bakar dan tekanan bahan bakar yang dibutuhkan, apalagi menggunakan bahan bakar E85. Penggunaan Fitech EFI untuk timing control cukup menghempaskan tenaga hingga 1000 hp.

Tenaga mesin dikirim melalui transmisi 4 percepatan ke gandar belakang dengan ukuran lebar velg 9 inci. Untuk rigiditas handling, Mustang 1969 ini juga dilengkapi suspensi yang lebih kaku, yang terkoneksi dengan subframe.


 
Mustang tua ini telah mengalami pemulihan seluruh tubuh, dan sekarang mengembalikan warna kuning kebanggaan, seperti gaya pabrikan di eranya. Sementara livery hitam, kental akan gaya Mustang Mach 1 saat itu. 

Sektor bodykit dibikin cukup halus, termasuk lip spoiler belakang yang menyeimbangkan lift force dengan sayap belakang besar menambahkan downforce sehingga meminimalisir turbulence. Secara kosmetik telah dilengkapi dengan wide body universal dari Clinched. 

Interior menyeimbangi, dengan performa mesin yang garang. Penggunaan rollcage. Sementara velg jatuh pada pilihan Vision Mag Sport 15 inci berbahan aloy dengan desain yang simple. serta pilihan ban 295 Mickey Thompson S/T dirancang untuk tidak mudah robek saat spinning ala drifting atau dragstreet. [Ahs/timBX]

Tags :

#
ford mustang 1969,
#
muscle car,
#
modifikasi mobil,
#
fitech efi,
#
clinched bodykit