MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Menghentikan Produksi Maverick dan Bronco Sport

OCT 18, 2021@12:00 WIB | 182 Views

Ford akan menghentikan sementara produksi di pabrik Hermosillo, Meksiko.

Pabrik Hermosillo berfungsi untuk memproduksi Ford Bronco Sport dan Ford Maverick, dua kendaraan yang memiliki permintaan tinggi dan mobil volume untuk Ford USA.

Putaran pertama produksi Mavericks tiba di dealer kurang dari sebulan yang lalu. Dan dikabarkan sebelumnya bahwa Ford mungkin kesulitan untuk memenuhi permintaan karena Maverick mendapatkan 36.000 pemesanan selama minggu pertama penjualannya, dimana permintaan untuk Bronco Sport Ford juga tidak pernah setinggi ini.

Ford belum memberi tanggapan, tetapi Reuters berbicara dengan serikat pekerja pabrik, yang mengkonfirmasi bahwa penangguhan sementara itu karena kekurangan bahan dasar untuk memproduksi mobil.

Selama pandemi, produsen chip mulai memproduksi suku cadang untuk produk dengan permintaan tinggi termasuk komputer, smartphone, televisi dan konsol game.

Pada dasarnya, banyak orang yang berusaha menjaga kesehatan dengan mengisolasi diri dan hal itu menyebabkan krisis kekurangan semikonduktor yang berdampak pada produksi di pabrik Hermosillo selama dua hari awal Oktober ini.

Serikat pekerja tidak dapat memastikan berapa lama penangguhan akan berlangsung, tetapi karyawan akan dibayar 75% dari gaji mereka. Pada akhir Agustus, Ford juga menangguhkan produksi di pabrik perakitan Oakville di Kanada dan pabrik perakitan Kansas City di Missouri.

Baca juga: Kolaborasi Ford dan VW Hadirkan Mobil Baru Pertama Mereka

Tidak jelas berapa lama kekurangan global ini akan berlangsung karena ada beragam tanggapan dari produsen.  Misalnya saja Mercedes-Benz berpendapat kelangkaan tersebut akan berlangsung hingga 2023, sedangkan Hyundai menilai kelangkaan tersebut tidak akan bertambah parah.

Satu hal yang pasti, kelangkaan itu berdampak besar pada harga mobil. Produsen mendorong produksi kendaraan dengan margin keuntungan yang tinggi. Dengan demikian, hal itu telah meningkatkan harga rata-rata penjualan mobil baru ke titik tertinggi sepanjang masa.

GlobalFoundries, produsen chip yang berbasis di Amerika Serikat, akan menggandakan produksinya di masa depan, tetapi itu akan membutuhkan perluasan fasilitas produksinya. GlobalFoundries sudah berada di jalur untuk menggandakan produksinya pada tahun 2021, tetapi peningkatan tersebut baru akan mulai berdampak nyata pada tahun 2023.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ford,
#
mobil ford,
#
produksi mobil ford,
#
maverick dan bronco sport