MENU
icon label
image label
blacklogo

Fluid Lines Menginspirasi Modifikasi Triumph Speed Triple Dengan Gaya Café Racer

FEB 22, 2019@16:00 WIB | 860 Views

Triumph memiliki skuad dengan gaya street fighter, yang rilis tahun 2018 kemarin, Speed Triple namanya. Mungkin ini menjadi motor pabrikan pertama yang berani merilis desain dan aliran yang cukup popular di Inggris tersebut. Dengan kubikasi 1050cc, menghasilkan 150 hp, menjadi motor Triumph yang melawan dominasi Aprilia Tuono V4 1100 atau KTM Superduke 1290 R.

Style-nya yang cukup agresif membuat gaya bug eyed, sebagai superbike Inggris pertama yang telah memiliki banyak pengikutnya. Bagaimana dengan peluang modifikasinya. Sebuah bengkel Metalbike Garage telah melakukan modifikasi cukup ekstrim. Simone Lecca, orang dibalik modifikasi berbahan metal yang berfinishing chrome.

Targetnya adalah Speed Triple 995 tahun 2000, yang rela untuk dikorbankan didesain ulang menjadi gaya caferacer. Selain Simone, ada Federico Rizzo yang menawarkan desain radikal, dengan bodywork unik dan special. Konsep yang ditawarkan adalah futuristic street motorcycle, memiliki sentuhan fluid lines yang diluar kebiasaan, daripada menggunakan garis body yang lurus.

Body pabrikannya dilucuti, kemudian beberapa part dari suspensi diganti. Beberapa part Speed Triple Simone menjadi bagian pengganti dalam modifikasi ini. Suspensi belakang menggunakan Ohlins dan dikolaborasikan dengan monoshock. Bagian kaki-kaki seperti ban menggunakan Pirelli Diablo Rossa Corsa, berpadu dengan piringan cakram 07 dan caliper Accossato.

Guna menghasilkan power yang maksimum, mesin Speed Triple 995  diberikan aliran udara khusus ke mesin, dan menggunakan system knalpot 3-1-2 yang dibuat secara khusus. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan mencapai 100bhp.

Selebihnya adalah gaya atau seni memproses logam menjadi karya istimewa. Prosesnya pun terbilang cukup disiplin, karena melalui proses sketsa, dilanjut ke gaya 3D. Semua proses ini dilakukan oleh Simone Lecca yang melibatkan desain Italia, Bertone. Namun proyek motor roda dua Simone lakukan dengan Metalbike Garage, menghasilkan perpaduan nama yang apik MGB_001 Triumph Speed Triple.

Body dibuat dari 2 lembar alumunium untuk keperluan tangki, ekor dan bagian cover mesin. Semuanya terbilang cukup presisi, dan digunakan cukup sentral, mencakup penempatan radiator dan bodywork yang aerodinamis menghantarkan udara ke system pembuangan.

Jok coklat muda, berpadu dengan body aluminium. Termasuk bagian head lamp yang ditutup. Bagian lain dibuat secara handmade seperti fender, heel guards, chain guard dan plate holder. Perpaduannya menyebabkan MGB_001 difinishing dengan warna fluid, termasuk pada velg dan bagian mesin.

Modifikasi ini cukup menjadi nilai bagi Metalbike Garage, karena konsepnya yang cukup futuristik. Dan semua yang tidak ada dipabrikan akan menjadi sah di dunia kustomisasi. Good job, Simone, dan Italia cukup mewakili dunia custom, meski harus menggunakan motor Britania. [Ahs/timBX]

Tags :

#
metalbike garage,
#
fluid lines,
#
triumph speed triple,
#
cafe racer,
#
mgb_001 triumph speed triple,
#
federico rizzo,
#
simone lecca