MENU
icon label
image label
blacklogo

F22, Supercar Limited Edition dari Donkervoort yang Memiliki Tenaga Lebih dari 400 HP

NOV 14, 2022@10:00 WIB | 1,359 Views

Pabrikan supercar asal Belanda milik keluarga Donkervoort Automobielen, baru saja merilis teaser singkat dari model edisi terbatas yang akan datang, yaitu F22.

Video pendek berdurasi 12 detik tersebut, memperlihatkan siluet bayangan bagian belakang supercar tersebut, saat lampu belakangnya baru menyala.

Supercar dua pintu dan dua tempat duduk baru ini akan menandai akhir era dari Donkervoort D8 GTO. Donkervoort F22 akan menawarkan peningkatan performa dibandingkan pendahulunya, dengan menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan bobot yang kurang lebih hanya sekitar 800 kg.

Mobil terbaru dari pabrikan supercar asal Negeri Kincir Angin ini tidak hanya akan terus menawarkan teknologi hypercar dengan harga supercar, tetapi juga akan membawa teknologi baru yang ringan dan desain atap yang sangat inovatif.

Selain itu, F22 akan dilengkapi dengan gearbox manual baru, serta sistem suspensi aktif baru.

Mempertimbangkan model sebelumnya, Donkevorrt D8 GTO mengemas tenaga hingga 435 hp (441 ps) dan torsi 570 Nm (420 lb-ft) dan dapat melaju dari 0 hingga 62 mpj (0-100 km/jam) hanya dalam 2,6 detik.

Berarti, Donkervoort F22 akan memiliki tenaga yang lebih cepat dari itu. Selain itu, F22 baru juga berukuran lebih besar dan menawarkan kekakuan sasis lebih dari dua kali lipat dari pendahulunya.

Baca Juga: Donkervoort Luncurkan D8 GTO Individual Series, Jadi Versi Street-Legal Terakhir?

“Anda dapat mengasumsikan F22 akan lebih cepat daripada D8 GTO,” kata Managing Director, Denis Donkervoort. “F22 adalah yang pertama, terutama mobil untuk jalan raya, dan kami telah memprioritaskan keterlibatan pengemudi, handling progresif, dan kenyamanan berkendara, dari obsesi atas kecepatan tinggi, walaupun mobil ini tetap mampu melaju dengan sangat cepat,” tambah Denis.

Hingga saat ini belum ada detail mengenai harganya, tetapi jika dipertimbangkan bahwa model D8 GTO sudah dibanderol dengan harga sekitar $240.000 (Rp3,7 miliar) ditambah pajak, tentu F22 tidak akan dibanderol dengan harga yang lebih murah dari itu.

Mobil terbaru dari Donkervoort ini akan diluncurkan secara online dari markas besar Donkervoort di Lelystad, Belanda, pada 10 Desember. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
donkervoort,
#
f22,
#
donkervoort f22,
#
supercar,
#
limited edition