MENU
icon label
image label
blacklogo

Donkervoort Luncurkan D8 GTO Individual Series, Jadi Versi Street-Legal Terakhir?

SEP 15, 2021@12:00 WIB | 83 Views

D8 GTO-JD70 dirilis pada 2019 untuk merayakan ulang tahun ke-70 sang pendiri, Joop Donkervoort.

Penghargaan itu sangat tepat karena memecahkan rekor putaran dan membuat hypercar yang jauh lebih mahal dalam prosesnya. Pada saat itu, Donkervoort mengatakan bahwa dia mencatatkan putaran di sirkuit Grand Prix Spa-Francorchamps tiga detik lebih cepat dari Koenigsegg Regera dengan 1.100 tenaga kuda. Sekarang produsen mobil asal Belanda Donkervoort telah meluncurkan versi baru dari mobil sport D8 GTO-nya. Disebut Individual Series, ini menekankan personalisasi dan juga dianggap sebagai versi street-legal terakhir dari D8 GTO.

Donkervoort tidak memberikan banyak detail tentang opsi penyesuaian, tetapi situs resmi perusahaan mengatakan pembeli akan dapat mengatur D8 GTO Individual Series untuk ‘kinerja maksimum atau kenyamanan maksimum atau apa pun di antaranya’.

Salah satu opsi untuk penawaran fantastis ini adalah pemilik dapat melepas cat sepenuhnya demi bodywork serat karbon yang terbuka, dan Donkervoort mengatakan mereka juga dapat membuat koper atau pakaian yang cocok yang disesuaikan untuk setiap mobil.

D8 ini hadir dengan beberapa perubahan kinerja pada mesin 2.5 liter turbocharged inline-5 yang dibuat oleh Audi yang mencakup injektor bahan bakar baru dan pemetaan mesin untuk memungkinkannya mengembangkan 435 tenaga kuda. Sementara spesifikasi torsi tetap sama pada 413 lb-ft, tenaga itu dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan dengan rev-matching.

Selain itu, pihak Donkervoort memastikan bahwa Individual Series versi street-legal dapat mencapai 2 g akselerasi lateral seperti model sebelumnya. Adapun tentang kecepatan garis lurus, Donkervoort mengatakan Individual Series dapat melaju dari 0-124 mph hanya dalam waktu 7,7 detik.

Mobil ini menandai kolaborasi pertama antara departemen pengembangan teknis Donkervoort dan Abt Sportsline. Modifikasi perangkat keras yang signifikan telah membantu Audi mencapai tenaga kuda puncak dan peningkatan tersebut termasuk perubahan pada sistem pendingin. Dan untuk keandalan, Donkervoort mengatakan mesin telah melalui proses validasi yang dirancang oleh Donkervoort dan Abt Sportline.

Baca juga: Donkervoort D8 GTO JD70, Mobil Road Legal Unik Spesifikasi Balap

Donkervoort pun mengatakan peningkatan ke output tidak mengubah ekonomi bahan bakar atau karakteristik lingkungan dari D8 GTO Individual Series karena mencatat 191 gram/km dengan emisi CO2 dan masih mengkonsumsi delapan liter bahan bakar per 100 km (29,4 mpg). Perusahaan mengatakan D8 GTO Individual Series ini menawarkan 'tampilan yang lebih bersih' daripada penawaran sebelumnya dan bahwa nose-cone flaps, the air scoops dan air outlets cetak 3D dilepas untuk menciptakan desain yang lebih bersih.

“Siapa pun yang mengemudikan Donkervoort sudah memiliki karakter individu yang kuat, jadi kami telah mengembangkan model yang memberi mereka kontrol yang hampir sepenuhnya bebas,” kata Denis Donkervoort selaku Managing Director Donkervoort.

“Kami secara tradisional menawarkan 'paket' peralatan mobil jalan raya dan mobil trek, dan kami masih melakukannya. Tetapi kami merasa inilah saatnya untuk membiarkan orang memutuskan sendiri seberapa banyak kecepatan, kenyamanan, desain dan gaya yang mereka butuhkan.” Untuk harga dari D8 GTO Individual Series, Donkervoort membanderolnya sebesar 192.463 atau sekitar Rp2,7 miliar sebelum pajak.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
donkervoort,
#
d8 gto individual series,
#
versi street-legal,
#
versi street-legal terakhir,
#
mobil donkervoort