MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Seru, Max Verstappen Menangi Balapan GP Jepang

APR 08, 2024@09:30 WIB | 181 Views

Balapan F1 GP Jepang yang berlangsung Minggu (7/3/2024) menghadirkan suguhan yang menarik. Dalam balapan 53 lap tersebut, pembalap Red Bull, Max Verstappen kembali ke jalur kemenangan dengan memenangi balapan di Sirkuit Suzuka tersebut.

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez berhasil meraih podium kedua pada balapan kali ini. Sedangkan Carlos Sainz berhasil memenangi duel melawan sesama pembalap Ferrari, Charles Leclerc untuk mengunci podium nomor tiga di balapan kali ini.

Balapan F1 GP Jepang sendiri berlangsung dalam kondisi cuaca cerah. Saat start balapan, insiden besar melibatkan Alexander Albon dan Daniel Ricciardo. Kedua pembalap saling bersenggolan dan membuat keduanya gagal finis saat itu.

Akibat insiden tersebut membuat balapan dihentikan karena barrier alias pembatas sirkuit yang mengalami kerusakan dan harus diperbaiki. Setelah kurang lebih setengah jam menunggu, balapan kembali dilanjutkan dan Max Verstappen dengan mulus masih mempertahankan posisinya.

Pada lap 12, pembalap Sauber, Zhou Guanyu harus menghentikan balapannya karena masalah pada gearbox mobilnya. Ia menjadi pembalap ketiga yang gagal finis pada balapan kali ini.

Setelah itu, balapan GP Jepang ini menjadi adu strategi antar tim dalam melakukan pit stop. Charles Leclerc yang start dari posisi delapan mencoba peruntungannya dengan hanya melakukan satu pit stop disaat mayoritas pembalap memilih melakukan dua pit stop.

Strategi Leclerc yang hanya melakukan satu kali pit stop terbukti cukup efektif. Ia sempat memimpin lomba sejenak sebelum akhirnya disalip Verstappen dan Perez. Ia berhasil melangkahi duo Mercedes, George Russell dan Lewis Hamilton, duo Mclaren Lando Norris dan Oscar Piastri, serta Fernando Alonso (Aston Martin).

Charles Leclerc sejatinya punya peluang untuk bisa merebut podium di balapan kali ini. Namun pada enam lap menjelang finis, ia harus disalip rekan setimnya, Carlos Sainz dan posisi ini bertahan hingga finis.

Pada akhirnya, Verstappen tidak tersentuh untuk memenangi balapan F1 GP Jepang kali ini. Gak cuma memenangi lomba, Verstappen berhasil meraih fastest lap dan berhak mendapat tambahan satu poin.

Sergio Perez dan Carlos Sainz menjadi peraih podium nomor dua dan tiga. Charles Leclerc finis nomor empat dibalapan kali ini didepan Lando Norris. Fernando Alonso finis nomor enam didepan George Russell yang harus puas finis nomor tujuh.

Oscar Piastri finis nomor delapan dan mengungguli Lewis Hamilton yang harus puas finis nomor sembila. Posisi sepuluh diraih oleh pembalap tuan rumah, Yuki Tsunoda yang akhirnya menjadi pembalap Jepang pertama yang meraih poin di balapan kandang untuk pertama kalinya dalam duabelas tahun.

Di papan klasmen, Max Verstappen kembali menjauh di puncak klasmen dengan 77 poin. Sergio Perez menggeser Charles Leclrec dari posisi dua klasmen dengan 64 poin berbanding 59 poin yang dimiliki Leclerc. Carlos Sainz tetap berada diposisi empat dengan 55 poin.

Balapan F1 selanjutnya akan kembali ke Sirkuit Shanghai dalam gelaran GP Tiongkok. Balapan di kandang Zhou Guanyu ini akan berlangsung pada 19 hingga 21 April mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
gp jepang,
#
suzuka,
#
max verstappen,
#
balapan,
#
race

X