MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Portugal ingin Kembali ke Kalendar Formula 1

JUN 07, 2017@17:00 WIB | 271 Views

Portugal baru-baru ini telah memulai diskusi langsung dengan pemilik kejuaraan dunia F1 soal kemungkinan negara portugis itu kembali ke balapan Grand Prix Formula 1 di Portugal.

Sebelumnya Portugal pernah menggelar kejuaraan dunia formula 1 pada tahun 1996 sebelum negara tersebut menyatakan hengkang dari kalendar balap F1. Portugal menggelar balapan F1 di sirkuit Estoril yang pernah menjadi tuan rumah sebanyak 13 seri sejak 1984 silam.

Dan kini sirkuit Algarve disebut-sebut menjadi kandidat terkuat dalam proposalnya untuk menjadi tuan rumah kejuaraan balap F1 di Portugal. Sirkuit tersebut memiliki panjang 4,6 kilometer dan berkapasitas 100.000 kursi penonton dan diresmikan pada 2008.

Sirkuit Algarve juga dikabarkan telah menyiapkan dari berbagai fasilitas dan infrastruktur yang telah memadai. Namun Portugal tidak sendirian, Perancis dan Jerman juga telah bersiap untuk menjadi tuan rumah pada 2018 dan ini akan menjadi persaingan sengit bagi Portugal untuk menjadi bagian pada kejuaraan formula 1 musim 2018.

Namun, ekonomi Portugal saat ini tengah bangkit setelah melewati masa-masa yang sulit. Pemerintahan setempat diyakini memiliki dana surplus dan siap mengucurkan subsidi selama biaya penyelenggaraan dinilai masih masuk akal.

Sementara itu, sirkuit Algarve memang belum pernah menggelar balapan Formula 1, tapi sirkuit ini tidak asing dengan mobil 'jet darat' tersebut.  Tiga tes F1 pernah dihelat di sirkuit ini pada bulan Desember 2008 dan Januari 2009.  Saat itu sesi tes diikuti mobil-mobil dari tim Ferrari, McLaren, Toyota, Renault, Toro Rosso, dan Williams.

Pekan lalu, Algarve juga menjadi lokasi tes mobil F1 tim McLaren yang diikuti pembalap muda Lando Norris, sebagai bagian dari hadiah karena memenangi McLaren Autosport BRDC Award 2016.  Sebelumnya, sirkuit ini pernah menggelar seri World Superbike Championship, A1GP, dan FIA GT Championship. [yus/timBX]

Tags :

#
sirkuit algarve,
#
gp portugal,
#
blackauto,
#
formula 1