MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Mesin Baru Yamaha Belum Mampu Bersaing

NOV 20, 2019@17:00 WIB | 208 Views

Valentino Rossi mengatakan Yamaha masih harus menempuh perjalanan panjang untuk menyamai kecepatan tertinggi dari pesaing di MotoGP. Hal ini dikatakannya meskipun mesin prototipe 2020 telah menunjukkan kesan positif.

Walaupun M1 muncul sebagai salah satu motor terbaik di MotoGP menjelang akhir musim 2019, kelemahan dalam kecepatan maksimum terlihat jelas dan diungkapkan Rossi sebagai hambatan besar.

Pada hari pertama uji coba di Valencia, Yamaha mengunci posisi tiga besar dengan Maverick Vinales dan dua motor tim satelit yang dijalankan Petronas. Sementara Rossi finis di tempat ke-9.

Namun, pebalap veteran Italia tersebut memiliki defisit hingga 10km/jam dari motor Ducati yang dikendarai oleh Jack Miller. Rossi menegaskan bahwa selisih waktu tersebut sebenarnya tidak sebesar di atas kertas. Hal ini merunjuk pada apa yang dilakukan Joan Mir dengan kecepatan tertinggi ketika mengendarai motor Suzuki sebagai bukti lainnya.

Dia menambahkan, "Kesan pertama cukup positif, karena kami agak membaik, tetapi jalan masih panjang.”

"Karena perbedaannya cukup banyak, terutama di top speed. Tapi saya suka cara Yamaha bekerja karena dibandingkan sebelumnya, program ini lebih jelas.”

"Ini masih prototipe, jadi musim depan mungkin kita juga bisa punya langkah berbeda, sesuatu yang lebih. Tetapi mencoba motor baru ini terasa lebih positif."

Rossi mengatakan Yamaha membuat keputusan untuk menyamakan spesifikasi semua motor di MotoGP untuk musim depan, tidak seperti yang dilakukan sebelumnya ketika para pebalap bebas untuk memilih.

Di sisi lain, Vinales mengaku masih sulit memahami kemampuan terbaik mesin prototipe, dan dia berharap ada kejelasan pada uji coba selanjutnya.

"Kami meninggalkan motor lain pada level yang luar biasa, jadi kami masih mengerjakannya (sasis untuk musim depan), tetapi saya cukup senang karena perbedaannya tidak besar," kata Vinales.

"Kami punya kecepatan sepanjang hari dan itu yang paling penting, tapi tetap saja itu [hanya] uji coba perdana, kami membutuhkan lebih banyak putaran.”

"Poin baiknya adalah saya berkendara dengan konsisten. Dan saya tetap mempertahankan ritme yang sulit dilakukan sebelumnya.”

Rossi juga mengatakan sasis baru motor M1 mirip dengan versi sebelumnya. "Bagi saya, elektronik dan mesin adalah area di mana kita harus membuat peningkatan, terutama mesin. Dan sekarang Yamaha sudah ke arah itu.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
yamaha,
#
valentino rossi