MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Lagi dan Lagi, Max Verstappen Rebut Pole Position Untuk Balapan GP Emilia Romagna

MAY 19, 2024@11:00 WIB | 178 Views

Kualifikasi F1 GP Emilia Romagna yang berlangsung Sabtu (18/5/2024) berlangsung seru dan menarik. Dalam perebutan posisi start untuk balapan hari Minggu ini, Max Verstappen sekali lagi menunjukan kualitasnya dengan menjadi yang tercepat dan berhak atas pole position alias start terdepan di balapan hari ini.

Sesi kualifikasi F1 GP Emilia Romagna terdiri dari tiga segmen yaitu Q1, Q2,s erta Q3. Dimulai dari segmen Q1, dimana salah satu kejutan terbesar datang dari pembalap Aston Martin, Fernando Alonso. Dua kali juara dunia ini secara mengejutkan tereliminasi di segmen awal kualifikasi ini dan harus harus start dari posisi 19.

Logan Sargeant yang meraih posisi 19, harus diturunkan ke posisi 20 karena melanggar track limit dan akan start di depan Alonso. Tiga pembalap lainnya yang tereliminasi di segmen Q1 ini yaitu duo Sauber, Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu, serta pembalap Haas, Kevin Magnussen yang start nomor 16, 17, dan 18.

Lanjut ke segmen Q2 dimana juga menghadirkan beberapa kejutan besar. Salah satunya adalah tereliminasinya Sergio Perez di segmen ini. Pembalap Red Bull ini gagal tampil maksimal dan harus puas start di posisi 11 disaat rekan setimnya, Max Verstappen tampil tercepat di segmen ini.

Selain Perez, empat pembalap lain yang mencatat waktu terlambat di segmen Q2 ini juga tereliminasi. Mereka adalah Esteban Ocon, Lance Stroll, Alexnder Albon, dan Pierre Gasly start di posisi 12 hingga 15.

Lanjut ke segmen penentuan alias Q3, semua pembalap tersis mencoba tampil all out di segmen terakhir. Max Verstappen berhasil menjadi yang tercepat dan merebut pole position untuk balapan hari ini. Tiga kali juara dunia ini mencatat waktu 1 menit, 14,746 detik.

Ia unggul hampir tipis atas Oscar Piastri yang ada diposisi kedua. Namun sayangnya, pembalap Mclaren ini terkena hukuman penalti turun tiga posisi karena menghambat laju Nico Hulkenberg di Q2. Alhasil pembalap Australia ini bakal start di posisi kelima di balapan hari ini.

Rekan setimnya, Lando Norris yang sejatinya start nomor tiga, naik satu posisi ke posisi dua. Begitu juga dengan duo pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang naik satu posisi ke nomor tiga dan empat karena penalti yang diterima Piastri.

George Russell berada di posisi enam didepan Yuki Tsunoda. Dibelakangnya ada Lewis Hamilton yang start di posisi delapan mengungguli Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg yang start di posisi sembilan dan sepuluh [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
kualifikasi,
#
max vesratppen,
#
gp emilia romagna,
#
imola,
#
pole position

X