MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Kualifikasi Seru, Charlec Leclerc Rebut Pole Position GP Monako

MAY 26, 2024@12:00 WIB | 143 Views

Kualifikasi F1 GP Monako yang berlangsung Sabtu (25/5/2024) berlangsung seru dan menarik. Dalam perebutan posisi start untuk balapan hari ini, jagoan tuan rumah, Charles Leclerc berhasil merebut pole position untuk ketiga kalinya di tanah kelahirannya tersebut.

Leclerc berhasil mengalahkan pembalap Mclaren, Oscar Piastri, serta rekan setimnya di Ferrari Carlos Sainz yang masing-masing start nomor dua dan tiga. Pembalap Red Bull, Max Verstappen justru tampil kurang memuaskan dan hanya meraih posisi start keenam untuk balapan malam nanti.

Seperti biasa, kualifikasi F1 GP Monako terdiri dari tiga segmen yaitu Q1, dan Q2, dan Q3. Pada segmen pembuka yaitu Q1, sudah ada kejutan dengan tersingkirnya dua pembalap unggulan, Fernando Alonso (Aston Martin) dan Sergio Perez (Red Bull).

Alonso sendiri hanya berhasil menempati posisi 16, sedangkan Perez berada dua tingkat dibawahnya dengan raihan posisi 18. Tiga pembalap lainnya yng tereliminasi di Q1 ini yaitu Logan Saergent (Williams), serta duo Sauber, Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu yang masing-masing meaih posisi 17, 19, dan 20.

Lanjut ke segmen Q2, dimana lima pembalap dengan catatan warktu terlambat tereliminasi di segmen ini. Mereka adalah Esteban Ocon (Alpine), Nico Hulkenberg (Haas), Daniel Ricciardo (RB), Lance Stroll (Aston Martin), dan Kevin Magnussen (Haas) yang start dari posisi 11 hingga 15.

Lanjut ke segmen penentian alias Q3 yang berlangsung cukup seru hingga akhir. Dan pada akhirnya, Charles Leclerc berhasil merebut pole position di balapan kandangnya tersebut. Catatan waktu 1 menit 10,270 detik, ia unggul sekitar 0,2 detik dari Oscar Piastri yang start nomor dua dan 0,3 detik dari Carlos Sainz yang start nomor tiga.

Lando Norris start di posisi empat didepan George Russell yang bakal start nomor lima. Max Verstappen yang start di posisi keenam, akan start di depan Lewis Hamilton. Melengkapi posisi sepuluh besar ada Yuki Tsunoda, Alex Albon, serta Pierre Gasly. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
kualifikasi,
#
qualifying,
#
gp monako,
#
monte carlo,
#
charles leclerc,
#
scuderia ferrari

X