MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Jelang Grand Prix Perancis 2021, Sirkuit Paul Ricard Direnovasi

FEB 16, 2021@12:00 WIB | 171 Views

Lebih dari dua pertiga sirkuit Paul Ricard telah muncul kembali dalam upaya meningkatkan pengalaman balapan untuk Grand Prix Perancis tahun ini.

Sebelum 2018, sirkuit tersebut tidak pernah digunakan di Formula 1 sejak 1990, dan juga absen tahun lalu karena pembatasan Covid-19 di daerah tersebut.

Olahraga ini akan kembali ke Perancis pada 2021, pada balapan akhir pekan kedelapan musim ini yang berlangsung di bulan Juni.

Yang bertugas untuk memperbaiki lintasan menjelang Grand Prix adalah Studio Dromo, perusahaan yang baru-baru ini merenovasi Silverstone dan Zandvoort.

Perubahan terbesar yang mungkin dilakukan adalah pada tikungan lima, yang sekarang memiliki lebih banyak lambang untuk memudahkan pengurasan, dan sekarang akan menantang pembalap karena letaknya "persis di tengah garis balap".

Berbicara tentang perubahan tersebut, pemilik Dromo Jarno Zaffelli mengatakan: “Kami memiliki persyaratan untuk memperbaiki beberapa tikungan dari sudut pandang aspal dan saat kami berada di sana, kami berkata 'Oke, mari lakukan semaksimal yang bisa kami lakukan dalam batas yang kami miliki’.

“Itu kurang lebih seperti Silverstone, kami harus tetap dalam tata letak itu. Kami menerapkan metodologi yang sama yang kami terapkan sebelumnya di Silverstone. Kami menyusun ulang semua sudut yang pada dasarnya kami munculkan kembali. Satu-satunya yang tidak direkrofilkan adalah pada usia 10 tahun, yang lainnya hanya sedikit berubah.

“Beberapa hal untuk drainase, beberapa hal untuk manuver menyalip dan sebagainya. Jadi hal yang sama yang kami coba terapkan di Silverstone."

Perubahan lain terjadi pada tikungan tujuh, yang menuju ke lintasan lurus Mistral, di mana pembalap harus fokus pada cengkeraman mereka menuju ke lintasan lurus panjang di mana penyalutan sering terjadi.

Zaffelli mengatakan tujuan utamanya adalah membuatnya menjadi pengalaman yang lebih lancar bagi para pembalap.

“Pasti mereka akan merasakannya lebih jauh, apalagi bergelombang di daerah yang baru muncul kembali,” jelasnya. “Di bagian yang tidak kami lakukan, kebanyakan lurus, mereka akan merasakan gelombang itu dan ketika mereka masuk ke area hitam, rasanya akan jauh lebih mulus dari sebelumnya.

“Mereka akan merasakan lebih banyak dukungan, jika memasuki usia 11 tahun. Dalam balapan yang kami lakukan sekitar tahun ini, mereka sudah mengatakan bahwa di usia 11 tahun, mereka akan merasakannya." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
grand prix perancis 2021,
#
sirkuit paul ricard,
#
formula 1,
#
f1