MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Jadi Tuan Rumah Formula 1, Trek Baru Arab Saudi Siap Pada 2023

JAN 28, 2020@15:00 WIB | 116 Views

Trek balap baru Arab Saudi di Qiddiya akan siap menjadi tuan rumah Formula 1 mulai 2023. Kepala sirkuit telah memberikan konfirmasi pada Jumat, 24/1/2020.

Pembangunan, yang terletak sekitar 30 mil dari Riyadh, adalah bagian dari kompleks hiburan dan komersial baru yang sedang dibangun dengan latar belakang pegunungan.

Dengan tata letak yang telah dirancang oleh Alex Wurz (mantan pebalap Grand Prix) dengan standar FIA Grade 1 yang diperlukan untuk mengadakan balapan Formula 1, tujuannya adalah agar siap untuk melakukan Grand Prix jika Arab Saudi sukses dalam pembicaraan yang sedang berlangsung dengan para pemimpin olahraga ini.

Mike Reininger (CEO Qiddiya Investment Company yang ada di belakang proyek ini) mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk menarik semua kategori olahraga motor kelas atas.

"Kami sedang membangun sehingga kami dapat menjadi tuan rumah acara MotoGP, WEC, acara kejuaraan regional dan nasional, dan semua jalan sampai Formula 1," katanya.

“Kami sedang membangun fasilitas sehingga kami akhirnya dapat menyelenggarakan acara olahraga motor terbesar dan terbaik, benar-benar di semua kategori. Dan Grade 1, Anda tahu itu identik dengan F1, jadi kami berharap hal itu akan terjadi.”

Ditanya kerangka waktu apa yang memungkinkan untuk menjadi tuan rumah balapan F1, ia berkata, "Proyek kami di Qiddiya sedang berjalan cepat untuk penawaran fase pertama yang sangat besar, dan itu akan siap pada awal 2023."

Dipahami bahwa CEO F1 Chase Carey dan kepala komersial Sean Bratches mengunjungi Arab Saubi tahun lalu untuk mengadakan pembicaraan dengan keluarga kerajaan tentang perlombaan F1 dalam waktu dekat.

Trek Qiddiya menjanjikan pengalaman unik kepada penggemar dan pebalap, berkat dibangunnya dengan latar belakang pegunungan dan cara tempat yang berjalan di sekitar taman hiburan.

Reininger pun menambahkan, “Ini memiliki latar belakang tebing terjal setinggi 200 meter di satu sisi dan kemudian sirkuit ini benar-benar memiliki dua zona.

“Satu zona ada di dalam sebuah stadion di mana Anda akan dapat melihat sejauh enam kilometer dari perlombaan sebagai penonton di stadion. Dan kemudian memiliki bagian lain dari sirkuit, yang kita sebut bagian kota.

“Sirkuit akan meninggalkan stadion dan menjadi terintegrasi dengan sisa ibu kota hiburan yang kita bangun ini. Jadi itu akan ramai oleh hotel, toko-toko dan restoran, dan akan ada rollercoaster dan wahana yang lainnya di sekitar sirkuit.

"Ini akan menjadi yang terbaik dari stadion dan yang terbaik dari kota dilingkarkan menjadi satu."

Desainer trek Wurz bergabung di sebuah acara di Qiddiya pada hari Jumat oleh sejumlah bintang Grand Prix (Damon Hill, David Coulthard, Nico Hulkenberg dan Romain Grosjean).

Saat berbicara tentang proyek tersebut, Wurz mengatakan, "Merupakan hak istimewa seumur hidup untuk merancang zona gerak dan mobilitas di Qiddiya, termasuk trek Speed ​​Park.

“Proyek visi Qiddiya menawarkan peluang luar biasa untuk merancang trek, arena balap sejati untuk pebalap, penonton, serta pemirsa di rumah.

“Desainnya menawarkan perubahan sesuatu yang menakjubkan, memanfaatkan pemandangan alam yang menakjubkan. Sama-sama desainnya dibuat untuk menantang pebalap dan insinyur. Dan dari simulasi kami berjalan, saya dapat meyakinkan Anda bahwa itu benar-benar mendebarkan sebagai pengalaman on dan off trek. Qiddiya memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi ibu kota motorsport dunia.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
formula 1,
#
arab saudi,
#
qiddiya,
#
2023