MENU
icon label
image label
blacklogo

F1“Halo” Akan Dipasangkan Untuk Balapan Single Seat Lainnya

MAR 29, 2018@08:00 WIB | 143 Views

Perangkat perlindungan kepala yang biasa disebut “Halo” dalam Formula 1, direncanakan akan dipakai pada balapan sejenis lainnya.

Stefano Domenicali, Ketua Komisi Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) mengatakan pemasangan “Halo” pada balapan kursi tunggal seperti F2 dan F3 dan Formula E adalah suatu keharusan yang mutlak.

“Halo dipasang karena ini menyangkut keamanan pembalap dan kami tidak berkompromi sama sekali dalam hal itu. Walaupun sampai saat ini masih banyak perdebatan mengenai pemasangan perangkat tersebut.” Kata Domenicali Dilansir dari motoring.

“Halo” merupakan perlengkapan khusus yang dipasangkan di depan pembalap Formula 1, dengan tujuan untuk melindungi pembalap dari serpihan mobil F1 lainnya yang mengalami kecelakaan. “Halo” sudah dipasang pada tiap mobil Formula 1 sejak musim pertama F1 2018.

Baginya, saat ini targetnya yaitu memasang “Halo” lainnya ke semua mobil balap single seater, terlebih untuk kategori Formula 4 akan menjadi prioritasnya.

Sebelumnya, Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton juga mengatakan bahwa pelindung “Halo” pada mobilnya justru tidak nyaman, karena menambah beban pada mobil sehingga jarak pengereman juga akan lebih jauh lagi.

Namun di lain pihak, Vettel justru setuju dengan pemasangan “Halo” pada mobil Formula 1. Baginya, perangkat tersebut akan lebih menolong pengendara, menghindari bahaya dari serpihan kecelakaan mobil di depan.

Rencananya, kelas F3 internasional baru yang debut pada 2019 akan menampilkan “Halo” di setiap mobil, serta target dirinya yaitu juga menghadirkan Formula 4 dengan “Halo” di 2019 mendatang.

“Dengan kejuaraan nasional Formula 4, kami akan memasang “Halo” sebagai perlindungannya. Kita harus konsisten dan itulah yang akan terjadi, ”jelas Presiden FIA, yang juga merangkap sebagai Bos Global Lamborghini.[prm/timbx]

Tags :

#
autosport,
#
f1,
#
halo,
#
pelindung