MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Grand Prix F1 Vietnam Untuk 2021 Resmi Dibatalkan

NOV 11, 2020@13:30 WIB | 210 Views

Vietnam telah dikeluarkan dari kalender sementara untuk Formula 1 musim 2021, sedangkan Grand Prix Brasil akan tetap berlangsung di Sao Paulo.

F1 mengumumkan jadwal untuk musim 2021 yang menampilkan 22 balapan, mengabaikan Vietnam pada menit-menit terakhir.

Vietnam akan menjadi tuan rumah grand prix F1 pertamanya pada tahun 2020 sebelum dibatalkan karena pandemi Covid-19, dan pada awalnya dimasukkan dalam rancangan kalender yang diedarkan ke tim bulan lalu.

Tetapi balapan di kota Hanoi tidak akan lagi ditampilkan di kalender, dengan sumber-sumber mengindikasikan balapan tersebut dibatalkan karena masalah politik yang sedang berlangsung terkait balapan.

Hal tersebut diperkirakan tidak terkait dengan pandemi Covid-19 mengingat tingkat infeksi yang relatif rendah di Vietnam dibandingkan dengan negara lain yang menjadi tempat digelarnya balapan Formula 1.

Absennya Vietnam akan meninggalkan celah dalam kalender sementara antara Grand Prix China pada 11 April dan Grand Prix Spanyol pada 9 Mei, dan mengurangi kalender menjadi 22 balapan.

Tetapi pihak F1 tetap berharap untuk meningkatkan jadwal hingga 23 acara, dibantu oleh peningkatan permintaan melalui musim 2020 yang direvisi.

Perubahan besar lainnya untuk 2021 dari rencana awal adalah Grand Prix Brasil akan tetap berlangsung di Interlagos (Sao Paulo) selama satu tahun lagi meski ada rencana untuk memindahkan balapan ke Rio.

F1 telah menandatangani kesepakatan dengan promotor untuk memindahkan balapan ke Rio de Janeiro, dengan syarat mereka mendapat persetujuan pemerintah untuk membangun sirkuit baru di pinggiran kota.

Ini dimaksudkan untuk dimulai pada 2021, tetapi seiring berjalannya waktu untuk persetujuan yang diperlukan dan celah menjadi terlalu kecil, diputuskan untuk mempertahankan grand prix di Interlagos.

Kalender sementara diumumkan secara penuh pada Selasa (10/11/2020), dimulai di Australia pada 21 Maret dan berakhir di Abu Dhabi pada 5 Desember.

Satu-satunya balapan baru dalam jadwal dibandingkan dengan 2020 adalah Grand Prix Arab Saudi, yang akan berlangsung di Jeddah sebagai balapan malam hari pada 28 November. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
grand prix f1 vietnam,
#
grand prix f1 vietnam 2021,
#
grand prix brasil,
#
formula 1 2021