MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Gara-Gara Daniel Ricciardo, Renault Buat Keputusan Cepat?

SEP 23, 2020@19:30 WIB | 286 Views

Ketua tim Renault, Cyril Abiteboul, mengatakan kemajuan skuad di Formula 1 musim ini menjelaskan mengapa dia sangat frustrasi ketika Daniel Ricciardo pertama kali menandatangani kontrak dengan McLaren.

Sebagai bagian dari desas-desus susunan pembalap sejak pra-musim yang dipicu oleh Ferrari yang tidak mempertahankan Sebastian Vettel untuk 2021, Ricciardo diambil alih oleh McLaren sebagai pengganti Carlos Sainz yang terikat dengan tim Scuderia.

Langkah itu mendorong Abiteboul untuk mengungkapkan kekesalannya atas keputusan Ricciardo ketika hal itu pertama kali terjadi. Dalam pernyataan yang mengkonfirmasi berita kepergian Ricciardo, Abiteboul mengatakan: "Kepercayaan yang dibalas, persatuan dan komitmen, lebih dari sebelumnya, itu adalah nilai-nilai penting bagi sebuah tim pekerja."

Sementara Ricciardo dan Renault telah mengesampingkan masalah mereka untuk naik podium musim ini, Abiteboul mengatakan dia merasakan hal yang dia lakukan hanya karena dia tahu segalanya akan bergerak maju pada tahun 2020, tetapi tidak memiliki cara untuk membuktikannya pada saat itu.

"Saya pikir semua orang sudah bisa merasakan frustrasi, dan saya juga frustrasi saat diumumkan," kata Abiteboul, dalam sebuah wawancara eksklusif.

"Dan jujur ​​saja. Saya merasa kemajuan ini akan datang, bahwa tim telah membuat langkah lebih maju, dan mobil akan lebih baik. Ditambah bahwa masih banyak lagi yang akan datang sebenarnya, yang dia (Ricciardo) belum dilakukan.

"Saya tahu angkanya, tapi masalahnya adalah itu hanya angka, dan saya tahu dia telah dijanjikan banyak hal di masa lalu yang tidak hanya oleh kami, tapi juga oleh tim sebelumnya.

"Daniel sangat emosional tapi ia jelas telah membuat langkah maju. Ia dapat kepercayaan diri yang besar dengan tim dan dengan mobil, dan hubungan antara dia dan teknisi balapnya sangatlah kuat.”

Abiteboul mengatakan salah satu pelajaran penting yang harus diambil tahun ini bersama Ricciardo adalah bagaimana membutuhkan waktu bagi para pembalap untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya dengan tim.

Itu berarti Renault perlu melihat ke arah komitmen jangka panjang kepada para pembalapnya, daripada membuat perubahan berulang.

"Benar bahwa ketika Anda mengganti pembalap, Anda mundur selangkah sebelum melangkah ke depan," tambah Abiteboul. "Kami melihatnya tahun ini, dan itu adalah sesuatu yang ingin kami lakukan di masa depan: untuk membawa stabilitas dengan jelas.

"Karena tahun pertama selalu merupakan sedikit investasi sebelum tahun-tahun mendatang. Jadi kami perlu memiliki tugas yang lebih lama dengan pembalap kami jika ingin membuat langkah maju."

Renault telah menandatangani Fernando Alonso sebagai pengganti Ricciardo, dalam kontrak multi-tahun yang akan membawanya hingga akhir 2022. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
daniel ricciardo,
#
f1 2020,
#
cyril abiteboul,
#
ketua tim renault