MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: FIA Akan Mengawasi Batas Lintasan Formula 1 di Lima Tikungan Sirkuit Qatar

NOV 19, 2021@15:00 WIB | 853 Views

FIA akan mengawasi batas lintasan di lima tikungan berbeda di sirkuit Losail menjelang Grand Prix F1 Qatar.

Karena sifat sirkuit Losail, yang memiliki area run-off yang cukup besar di sekitar tikungannya yang lebih cepat bersama dengan trotoar datar di sekeliling lintasan, FIA telah memilih untuk memberlakukan batasan di Turn 4, 12, 13, 14 dan 16.

Turn 4 adalah tikungan kanan 90 derajat yang mengarah ke Turn 5 dengan profil yang sama, yang diharapkan akan mengarahkan driver untuk menguji batas tikungan untuk membuka puncak berikutnya.

Trio dari Turn 12, 13 dan 14 adalah serangkaian ke arah kanan cepat yang akan memberikan situasi yang sama untuk satu sudut, sedangkan Turn 16 adalah ke arah kanan terakhir yang cukup sempit sebelum masuk ke lintasan lurus.

Direktur balapan FIA, Michael Masi, telah mengirimkan dokumen kepada semua tim yang menjelaskan bahwa setiap tikungan akan diawasi dengan ketat, dan bahwa tiga upaya yang gagal untuk menavigasi salah satu tikungan di dalam garis putih akan dikenakan bendera hitam-putih di dalam garis putih balapan, dan pelanggaran lebih lanjut akan tunduk pada tinjauan stewards.

Setiap waktu putaran yang tercatat di mana salah satu aturan batas lintasan dilanggar selama sesi latihan dan kualifikasi akan dihapus, dan dalam kasus Turn 16, waktu putaran berikutnya juga akan dihapus jika driver melampaui batas di tikungan itu.

Tikungan yang cepat dan mengalir di Losail diperkirakan membutuhkan pengaturan downforce tinggi untuk bernavigasi, meskipun start-finish lurus sepanjang satu kilometer memperumit hal itu.

Baca juga: F1: FIA Pastikan Sirkuit di Jeddah Siap Gelar Ajang Formula 1

Mengingat bahwa start-finish lurus adalah satu-satunya zona DRS di trek, diharapkan paket high-downforce akan menciptakan keuntungan besar untuk mobil dengan DRS diaktifkan. Zona deteksi DRS berada sebelum Turn 16.

Dapat dipahami bahwa permukaan trek Losail tidak berubah sejak 2004, dan diperkirakan akan menjadi abrasive sehingga mengakibatkan suhu ban menjadi tinggi dan keausan di beberapa tikungan dengan kecepatan lebih tinggi.

Meskipun FP1 dan FP3 akan diadakan pada siang hari, sesi kualifikasi dan balapan akan diadakan pada malam hari sehingga setiap tim memiliki kesempatan memaksimalkan mobilnya di FP2.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
f1 2021,
#
balapan,
#
balapan mobil,
#
sirkuit qatar,
#
fia akan mengawasi batas lintasan formula 1,
#
lima tikungan sirkuit qatar