MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Bagi Kubica Musim 2019 Layak Dijadikan Sebagai Penutup Karier

JAN 01, 2020@13:45 WIB | 185 Views

Bagi Robert Kubica menutup bab kariernya dan kembali ke Formula 1 bukan hal yang sia-sia meskipun dia dan tim Williams mengahadapi situasi rumit sepanjang 2019.

Lengan Kubica mengalami cedera parah dalam kecelakaan reli pada tahun 2011, yang membuatnya absen selama delapan tahun dari dunia balap F1 sampai ia bergabung dengan Williams pada 2019.

Kembalinya dia bertepatan dengan musim yang buruk untuk Williams, dan Kubica yang finis ke-10 di Grand Prix Jerman menandai satu-satunya poin tim sepanjang 2019.

Kubica mengatakan bahwa meskipun musim tidak berjalan seperti yang ia dan Williams harapkan, tapi hasil yang dicapainya tergolong cukup bagus mengingat apa yang terjadi dalam tim.

"Pikiran saya agak terpecah dan saya pikir dengan kembali ke Formula 1, saya menutup bab yang mungkin yang paling penting dari hidup saya," kata Kubica ketika ditanya tentang bagaimana dia akan menilai musim.

"Melihat di mana saya berada, periode yang saya lalui dengan keadaan yang terjadi dan apa konsekuensi dari kecelakaan pada 2011.

"Maka tentu saja begitu kembali ke F1, saya membuka kembali atau melanjutkan bab yang merupakan Formula 1 yang mungkin sulit untuk dibicarakan.

"Anda hidup untuk mencapai dan kembali ke Formula 1 dan ingin melakukan yang baik dalam balapan. Ini adalah sesuatu yang ingin saya lewatkan tahun ini."

Saat ditanya apakah menurut dia kembali ke F1 bermanfaat baginya, Kubica mengatakan, "Saya tidak akan mengatakan itu sepadan atau tidak. Saya adalah orang yang hidup untuk tantangan, yang hidup untuk mencoba mencapai target dan berusaha untuk mencapai jalan utama.

"Jika saya tiba setelah bertahun-tahun absen di F1, berarti itu adalah tujuan penting.

"Saya memang ingin mencoba melihat apakah saya bisa mengemudi dan bisa kembali, walaupun saya sudah lama pergi dan saya punya keterbatasan. Tetapi jika saya harus menjawab apakah itu layak, Saya bilang ya."

Kubica, yang belum memiliki program untuk 2020, mengatakan bahwa musimnya telah memberi kepuasan pribadi.

"Dalam perjalanan saya kembali ke sirkuit motorsport, saya tidak pernah benar-benar memikirkan karier saya atau jangka panjang," ungkapnya. "Itu tentang kepuasan pribadi, dan ini adalah sesuatu yang akan saya pertahankan dalam sebagian besar musim.

"Saya dapat mengatakan bahwa musim Formula 1 mungkin telah membuat orang menyadari bahwa jika saya dapat mengemudikan mobil, saya dapat melakukan semua kegiatan lain, tetapi di sisi lain saya dapat mengatakan bahwa jauh dari Formula 1 tidak membantu.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
robert kubica