MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Akhiri Kesepakatan Dengan ROKiT, Williams Bakal Jual Tim Formula 1?

JUN 03, 2020@14:00 WIB | 146 Views

Williams sedang mempertimbangkan menjual tim Formula 1 sebagai bagian dari ‘strategi baru’ yang bertujuan untuk mengamankan masa depan perusahaan.

Penurunan pendapatan setelah periode sulit pada musim 2018 dan 2019, ditambah dengan ketidakpastian finansial yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan hilangnya pendapatan dari balapan, telah mendorong Williams Group untuk mencari berbagai cara alternatif untuk mengumpulkan dana.

Di antara opsi yang dipertimbangkan termasuk penjualan skala penuh atau sebagian tim Formula 1 yang berbasis Grove. Williams mengatakan pada Jumat lalu (29/5/2020) bahwa mereka telah memulai proses melihat berbagai pihak yang menarik tetapi belum menerima pendekatan apapun.

Williams membenarkan hal itu dalam diskusi awal ‘dengan sejumlah kecil pihak’ mengenai potensi investasi di perusahaan setelah mencatat kerugian sebesar £ 13 juta tahun lalu.

Pihak Williams mengatakan: “Dewan WGPH sedang melakukan peninjauan terhadap semua opsi strategis yang tersedia bagi perusahaan. Opsi yang dipertimbangkan termasuk meningkatkan modal baru untuk bisnis, divestasi saham minoritas di WGPH, atau divestasi saham mayoritas di WGPH termasuk potensi penjualan seluruh perusahaan.

"Sementara belum ada keputusan yang dibuat mengenai hasil optimal, untuk memfasilitasi diskusi dengan pihak-pihak yang berkepentingan, Perusahaan mengumumkan dimulainya ‘proses penjualan formal’.”

Kekhawatiran telah dikemukakan mengenai apakah semua 10 tim akan selamat dari krisis dan Claire Williams (wakil kepala tim) bulan lalu mengakui bahwa ‘sangat penting’ untuk masa depan Williams di Formula 1 tahun ini.

Pandemi virus corona telah memaksa 10 balapan dibatalkan, tetapi para pejabat tinggi F1 yakin bisa memulai balapan pada bulan Juli di Austria.

Sementara perusahaan mengakui telah menghadapi sejumlah tantangan finansial dalam beberapa waktu terakhir, Williams bersikeras tetap ‘didanai dan siap untuk melanjutkan kompetisi ketika kalender memungkinkan pada tahun 2020’.

Williams juga telah menghentikan pengaturan sponsornya dengan ROKiT, dan sponsor utama, ROK Drinks, dengan efek langsung setelah satu musim.

Mike O'Driscoll menegaskan, Williams yakin paket pemotongan biaya yang dibuat F1 akan membantu tujuannya dalam mencapai tingkat performa yang sama sambil menghemat dana yang signifikan.

Dia mengatakan, "Ada kesenjangan yang sangat besar dalam pendapatan dan pengeluaran antara tiga tim terbesar dan sisanya selama beberapa tahun terakhir, tetapi kami yakin bahwa visi dan rencana jangka panjang Liberty Media, termasuk yang pertama kalinya untuk biaya olahraga, akan memberikan peluang lebih untuk 2021 dan seterusnya, di mana semua tim dapat bersaing lebih adil." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
dewan wgph,
#
williams,
#
claire williams,
#
f1