MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: 10 Tim Formula 1 Sepakati Concorde Agreement

AUG 21, 2020@16:00 WIB | 300 Views

Formula 1 telah mengumumkan bahwa 10 tim telah menandatangani Concorde Agreement baru, berkomitmen untuk kejuaraan dari 2021 hingga 2025.

F1 telah terlibat dalam pembicaraan jangka panjang dengan tim dalam upaya untuk menyelesaikan persyaratan komersial baru yang akan menggantikan Concorde Agreement yang ada pada awal tahun depan.

Batas waktu awal ditetapkan pada 18 Agustus bagi tim yang ingin menandatangani kontrak tentang persyaratan baru, yang berfokus pada distribusi hadiah uang yang lebih adil dan struktur tata kelola yang direvisi.

Meskipun ada beberapa kekhawatiran yang disuarakan oleh beberapa tim seperti Mercedes dalam beberapa pekan terakhir tentang di mana negosiasi berdiri, sebagian besar tim mengkonfirmasi selama akhir pekan Grand Prix Spanyol bahwa mereka hampir berada dalam posisi untuk menandatangani perjanjian baru.

Ini diikuti dengan konfirmasi resmi dari Ferrari, McLaren dan Williams pada hari Selasa (18/8/2020) bahwa mereka telah menandatangani Concorde Agreement baru, mengkonfirmasikan tempat mereka di grid untuk tahun depan.

FIA dan F1 mengumumkan pada Rabu pagi (19/8/2020) bahwa 10 tim telah memenuhi tenggat waktu tandatangan, menyelesaikan pengaturan Concorde Agreement untuk periode 2021-2025.

"FIA dan Formula 1 hari ini dapat mengkonfirmasi bahwa kesepuluh tim telah menyetujui Concorde Agreement yang baru," bunyi pernyataan bersama. "Ini mengikuti diskusi ekstensif selama dua belas bulan terakhir dengan semua tim, Formula 1, dan FIA.

"Kesepakatan tersebut akan mengamankan masa depan berkelanjutan jangka panjang untuk Formula 1 dan dikombinasikan dengan peraturan baru, yang diumumkan pada Oktober 2019 yang mulai berlaku pada tahun 2022, akan mengurangi kesenjangan finansial dan di jalur antara tim, membantu untuk menyamakan kedudukan dan menciptakan balapan lebih dekat di trek yang ingin dilihat lebih banyak penggemar.

"Balapan lebih dekat akan menarik lebih banyak penggemar ke olahraga ini, menguntungkan setiap tim, dan terus meningkatkan pertumbuhan global Formula 1."

F1 bertujuan untuk menyelesaikan pembicaraan Concorde Agreement yang baru pada tanggal yang lebih awal, hanya karena pandemi Covid-19 yang memaksa diskusi ditangguhkan.

CEO dan ketua F1, Chase Carey, mengatakan dia senang bahwa persyaratan telah diselesaikan dengan cepat, dan merasa itu membuka jalan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan untuk seri tersebut.

"Tahun ini belum pernah terjadi sebelumnya bagi dunia dan kami bangga bahwa Formula 1 telah bersatu dalam beberapa bulan terakhir untuk kembali balapan dengan cara yang aman," kata Carey.

"Kami mengatakan di awal tahun bahwa karena sifat pandemi yang berubah-ubah, Concorde Agreement akan membutuhkan waktu tambahan untuk menyetujui dan kami senang bahwa pada bulan Agustus bahwa kami dapat mencapai kesepakatan dari kesepuluh tim tentang rencana jangka panjang.

"Semua penggemar kami ingin melihat balapan lebih dekat, dan setiap tim memiliki kesempatan untuk naik podium. Perjanjian baru, dalam hubungannya dengan peraturan untuk 2022, akan menjadi dasar untuk mewujudkan hal ini dan menciptakan lingkungan yang lebih adil secara finansial dan menutup kesenjangan antara tim di trek balap." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
concorde agreement f1,
#
f1 2020,
#
grand prix spanyol,
#
fia