MENU
icon label
image label
blacklogo

FIA Setujui Masuknya Andretti-Cadillac Ke F1, Tetapi?

OCT 04, 2023@10:00 WIB | 324 Views

Desas-desus mengenai kemunculan tim kesebelas di ajang balap F1 semakin menunjukan titik terang. Terbaru, Federasi Otomobil Internasional atau FIA menyetujui masuknya Andretti sebagai tim baru di F1 dengan menggandeng brand otomotif Cadillac.

Melansir situs resmi FIA, Senin (2/10/2023), disebutkan bahwa FIA sangat puas dengan presentasi yang diberikan Andretti bersama Cadillac. FIA melihat bahwa kerjasama Andretti dan Cadillac sebagai tim kesebelas di F1 memberi dampak positif untuk masa depan ajang balap mobil paling bergengsi ini.

“Andretti Global di bawah pimpinan Michael Andretti memiliki target yang sangat ambisius untuk masuk ke ajang F1. Dipilihnya Cadillac sebagai mitra kerjasama juga menjadi nilai positif bahwa mereka ingin memberikan sesuatu yang lebih segar pada ajang balap ini”, ungkap FIA.

Meski sudah mendapat persetujuan dari FIA, Andretti dan Cadillac ternyata belum sepenuhnya bisa masuk ke ajang F1. Mereka harus menunggu persetujuan pihak penyelenggara F1 bersama Liberty Media terkait pembagian hak komersial yang terpotong karena adanya tim ke 11 ini.

Diketahui andai ada tim ke 11 yang masuk F1, maka nilai hak komersial yang didapat 10 tim pertahana di F1 akan dikurangi. Sebagai antisipasi, pihak F1 dan Liberty Media mewajibkan tim baru membayar biaya pendaftaran sebagai kompensasi hal tersebut.

Nama Andretti dalam dunia motorsport sudah tidak perlu diragukan lagi. Sang ayah, Michael dan sang anak, Mario merupakan beberapa pembalap asli Amerika yang sukses di ajang balap F1. Gak cuma itu, mereka membuat beberapa tim yang berkecimpung di ajang seperti NASCAR dan Indycar. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
fia,
#
andretti,
#
cadillac