MENU
icon label
image label
blacklogo

F1 : Hadirkan Seri Balapan Baru Untuk Pembalap Wanita

NOV 21, 2022@13:00 WIB | 947 Views

Formula Satu (F1) telah secara resmi mengumumkan pembentukan seri khusus wanita baru yang akan dimulai pada tahun 2023.

Akademi F1 akan dijalankan dan didukung secara finansial oleh pemilik olahraga tersebut, Manajemen Formula Satu dengan tujuan membantu lebih banyak wanita muda untuk maju dalam balap motor dan akhirnya ke F1.

Kejuaraan baru akan terdiri dari lima tim, masing-masing dengan tiga pembalap dijalankan oleh pesaing yang ada di seri pengumpan F1, F2 dan F3. 

Musim akan diadakan tujuh pertemuan, dengan tiga balapan di setiap acara, jadi total 21 balapan di musim ini. Tanggal resmi  belum dikonfirmasi tetapi diperkirakan akan mencakup satu akhir pekan F1.

Seri ini akan menggunakan sasis Tatuus T421 dengan mesin turbocharged, menghasilkan 165 tenaga kuda, kombinasi yang setara dengan yang digunakan dalam kejuaraan F4 di seluruh Eropa.

“Setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mengikuti impian mereka dan mencapai potensi mereka dan Formula Satu ingin memastikan kami melakukan segala yang kami bisa untuk menciptakan keragaman dan rute yang lebih besar ke dalam olahraga yang luar biasa ini,” kata CEO F1, Stefano Domenicali.

F1 belum memiliki pembalap wanita yang berkompetisi di grand prix sejak Lella Lombardi membalap di Austria pada tahun 1976.

Kurangnya dana yang tersedia untuk mendukung wanita muda memasuki olahraga motor telah menjadi rintangan nyata di masa lalu dan F1 sedang mencari cara untuk mengatasinya. ini. 

Dari masalah dana tersebut, akhirnya F1 pun akan mensubsidi setiap mobil dengan anggaran sebesar €150.000 untuk musim ini, dengan para pembalap harus menyesuaikan jumlah tersebut. Setiap tim kemudian akan menutupi sisa anggaran.

Niat F1 ini untuk menawarkan lebih banyak wanita muda akses ke waktu lintasan dan balapan untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan mereka dengan tim profesional yang terbiasa memupuk bakat sebagai bagian dari tangga balap menuju F1. Harapannya, ini akan membuat rute menuju F3 lebih mudah diakses. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
f1,
#
formula one,
#
pembalap perempuan