MENU
icon label
image label
blacklogo

F1 : Apa Arti Kecelakaan Mengerikan Romain Grosjean Bagi Keselamatan F1 Masa Depan

MAR 15, 2021@12:30 WIB | 1,638 Views

Pembalap Formula 1 Romain Grosjean secara ajaib berhasil lolos dari kecelakaan mengerikan di Grand Prix Bahrain 2020. Namun, setelah analisis selesai, FIA merasa masih ada area yang perlu ditingkatkan.

Dalam video yang diterbitkan oleh The Race, detail luar biasa dari kecelakaan tersebut dan apa artinya bagi masa depan olahraga dieksplorasi.

Mungkin detail yang paling mengesankan adalah bahwa pada saat tabrakan, kendaraan Grosjean mengalami benturan yang setara dengan sekitar 67 G. Itu akibat menabrak pagar pengaman dengan kecepatan hampir 120 mph.

Itulah kekuatan yang merobek unit penggerak dari sasis dan juga merusak sel bahan bakar, lalu berujung pada bola api yang membakar tangan Grosjean.

Akibat kecelakaan tersebut, FIA berupaya meningkatkan ketahanan sarung tangan pengemudi terhadap panas. Lembaga ini juga ingin menyelidiki sejumlah area mulai dari desain lintasan hingga desain kendaraan.

Survival cell , yang melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan, sedang diperiksa geometrinya. Di antara area lainnya, FIA tertarik untuk melihat bagian depan struktur, yang terkenal karena Grosjean kesulitan melepaskan kakinya dari kokpit dan terpaksa melepas sepatu (fire resistant) agar bisa keluar.

Ada juga area yang tidak terlalu struktural, seperti kaca spion (Grosjean menabrak mobil di titik blind spot) dan unit sandaran kepala. Area terakhir sedang diselidiki untuk memudahkan keluar dari kokpit jika terjadi tabrakan.

Desain lintasan juga sedang ditinjau. Area yang ditabrak Grosjean tidak terlalu tegak lurus dengan trek karena itu adalah titik akses bagi para marshal. Oleh karena itu, FIA sedang mencari bukaan penghalang ini dan guidelines untuk homologasi sirkuit.

Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak area yang sedang diperhatikan FIA. Jelas bahwa, meskipun kelangsungan hidup Grosjean adalah hasil dari inovasi keselamatan selama bertahun-tahun yang seharusnya dirayakan, ia juga dikelilingi oleh bahaya yang bisa dengan mudah membuat pelariannya jauh lebih sulit.

Untungnya, pebalap Prancis itu kembali mengemudikan mobil dan akan balapan di IndyCar musim ini. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
romain grosjean,
#
grand prix bahrain 2020,
#
fia,
#
f1 2021