MENU
icon label
image label
blacklogo

Esteban Ocon Gantikan Posisi Hulkenberg di Renault?

SEP 01, 2019@09:45 WIB | 173 Views

Esteban Ocon akan kembali ke grid Formula 1 pada 2020 mendatang, menggantikan Nico Hulkenberg di tim pabrik Renault.

Anak didik Mercedes, Ocon, membalap untuk Manor dan Force India/Racing Point sejak melangkah ke kelas utama pada pertengahan 2016. Akan tetapi ia tidak diikutsertakan pada musim ini setelah kursi Racing Point-nya diambil oleh Lance Stroll dan peralihan ke Renault gagal ketika tim Prancis itu memilih Daniel Ricciardo.

Pembalap ini bahkan sempat diisukan bergabung dengan Lewis Hamilton di tim Mercedes pada tahun 2020 sebelum konfirmasi dipertahankannya status Valtteri Bottas. Sekarang Ocon akan bermitra dengan Ricciardo untuk mengemudikan mobil Renault.

"Selama berkarier di F1, Ocon telah mengalami pasang surut dan sangat memahami kebutuhan untuk merebut setiap peluang," kata Cyril Abiteboul (kepala tim Renault).

"Selain meminjamkan bakat alaminya, tujuan Esteban adalah memfokuskan energi dan memanfaatkan pengalamannya, jadi selanjutnya adalah tergantung sampai mana kerja keras tim ini.”

Belum dipastikan apakah kepindahannya ke Renault menandai akhir hubungan Ocon dengan Mercedes.

Ocon menjadi anggota program pembalap Mercedes pada tahun 2016, ketika ia menjadi pembalap cadangan tim. Meskipun begitu ia sempat membantu Renault di tahun yang sama, yang telah menjadi bagian dari program pembalap Lotus.

"Pertama-tama, saya sangat bangga menjadi pembalap Renault," kata Ocon. "Saya tumbuh di Enstone, dimulai dengan Lotus pada 2010 dan kemudian dengan Renault. Saya sangat terikat dengan tim ini dan semua orang yang bekerja di sana.”

"Kedua, saya senang bahwa tim dengan ambisi besar telah memberi saya kesempatan untuk menunjukkan keahlian saya di level tertinggi F1."

Pengumuman itu berarti Grand Prix Abu Dhabi tahun ini adalah balapan terakhir Hulkenberg untuk Renault.

Pembalap asal Jerman itu adalah pencetak poin terbanyak tim dalam dua musim terakhir, tetapi saat ini di belakang Ricciardo dengan jarak 5 poin dan Renault hanya berada di urutan ke-6 klasemen tim.

Haas sekarang menjadi peluang terbaik jika Hulkenberg ingin bertahan di grid musim depan. Gunther Steiner (kepala tim Haas) menyebut Hulekenberg sebagai salah satu dari tiga kandidat - bersama Ocon dan Romain Grosjean - untuk bermitra dengan Kevin Magnussen.

Namun, Hulkenberg juga telah diperdebatkan sebagai kandidat mitra baru untuk Max Verstappen di Red Bull.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
esteban ocon,
#
hulkenberg,
#
renault