MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ecclestone Anggap Corona Sebagai Ancaman Terbesar di Formula 1

APR 01, 2020@15:30 WIB | 149 Views

Bernie Ecclestone yakin krisis virus corona telah menjadi ancaman serius bagi eksistensi Formula 1 setelah musim 2020 tertunda akibat pandemi yang sedang berlangsung.

Delapan balapan pembuka musim ini telah ditunda atau dibatalkan karena penyebaran global COVID-19 yang memburuk, dengan musim terbaru F1 sekarang diperkirakan akan dimulai di Grand Prix Kanada pada 14 Juni 2020 mendatang.

Celah yang ekstrem seperti itu telah memaksa F1 untuk mengedepankan liburan musim panas untuk membebaskan liburan di bulan Agustus sehingga balapan dapat dijadwal ulang, dengan penyelenggara kompetisi berusaha menyelamatkan musim 2020.

Ada kekhawatiran yang berkembang tentang bagaimana tim-tim yang lebih kecil akan dirugikan secara finansial oleh kurangnya jumlah balapan.

Ditanya apakah pandemi adalah ancaman terbesar bagi olahraga yang pernah dikenalnya, Ecclestone mengatakan kepada The Daily Mail: "Ya. Mari kita lihat sisi yang baik dan butuh enam bulan untuk membereskan pandemi ini dan tidak ada lagi masalah, masih tidak mudah bagi Formula 1 untuk ikut balapan.

“Ini tidak seperti menabur benih. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Anda harus membuat promotor mengambil risiko pada pementasan acara tanpa mengetahui apakah mereka akan menjalankannya secara publik atau tidak.

“Anda tidak bisa menggelar balapan jika cuacanya tidak mendukung, dan orang biasanya merencanakan apa yang akan mereka lakukan.

“Dan bahkan jika semua itu disortir, Anda membutuhkan peserta. Dan pertanyaan selanjutnya adalah apakah mereka hidup dan berkinerja baik? Dan itu adalah berbeda.

"Bahkan tim yang lebih kecil seperti Williams, mereka memiliki staf yang harus dibayar dan membayar tagihan, dan itu tidak mudah bagi mereka jika mereka tidak mendapatkan pendapatannya dari acara balap."

Ecclestone juga memperingatkan bahwa tim harus mengurangi jumlah staf secara drastis di F1 era modern untuk bertahan hidup.

"Di masa lalu ketika orang-orang tidak memiliki staf sebesar itu dan mereka menghadapi masalah, saya selalu menjamin mereka, memberi mereka waktu untuk mengembalikan uang saya atau kadang-kadang kami lupa mengumpulkan uang. Sekarang skalanya berbeda,” jelas Ecclestone. “Ini juga dunia yang berbeda.” [Ade/Asl/timBX]

Tags :

#
f1,
#
bernie ecclestone,
#
formula 1,
#
virus corona