MENU
icon label
image label
blacklogo

Dua Muscle Car Amerika Ini Saling Beradu C8 Corvette Versus Mustang GT500

MAY 14, 2020@15:00 WIB | 167 Views

Dua Sportscar Amerika  saling tikam di trek balap,  Chevy Corvette  C8  dan Ford  Mustang  Shelby  GT 500  yang keduanya lansiran tahun 2020.  Kali ini pengetesan keduanya di upload oleh  Hennessey Performance, keduanya menggunakan mesin V8 yang cukup digandrungi sebagai penerus muscle car dibalut dengan teknologi canggih saat ini.  



Sebelum  membahasnya lebih jauh,  ada baiknya  kita tahu dua karakter mesin Amerika ini.  Corvette 2020  mengemas mesin V8 berkapasitas  6.2 liter, naturally aspirated, menghasilkan  tenaga pabrikan 495 hp dan torsi  630 Nm.  Tingginya torsi tidak lepas dari  dukungan  exhaust  performance.

Sedangkan  Ford Mustang GT500 adalah kasta tertinggi Ford dengan mesin V8, kapasitas 5.2 liter, dilengkapi supercharged  menghasilkan tenaga 760 hp dan torsi 847 Nm.   Diatas  kertas Ford Mustang lebih unggul, namun akan berbeda hasilnya bila dibandingkan pengujian di trek balap. 
 

Rancangan Chevy 2020  membalik script teknis Corvette, dengan memindahkan  mesin ke belakang kabin.  Sementara Mustang dengan Mesin V8 tetap dipertahankan dengan penggerak roda depan, tanpa menambahkan beban yang terbuang saat menggerakkan roda belakang, dibanding  Corvette sendiri. Jadi ini pertarungan dua muscle car Amerika dengan  Corvette  dengan RWD dan GT500 dengan FWD.  



Saat balap dimulai,  Corvette meluncur dengan cepat  dari garis start.  Opini kami traksi belakang begitu ketat menggaruk aspal, mendorong akselerasi lebih cepat karena distribusi beban dibanding rasio punya perbandingan yang tepat.  Namun sayang Mustang GT500 mampu menutup celah gap sebelum akhirnya Corvette C8 membuka kecepatan tambahan mengantarkan ke garis finish lebih cepat. 



Ujicoba  yang kedua dirancang lebih baik.  perlombaan dimulai saat kecepatan mobil keduanya memasuki batas 64 kpj, saat start balap drag dimulai.  Disinilah  Mustang bersinar, bergerak lebih cepat melebihi tenaga Corvette.  Mustang terlihat  lebih cepat menempatkan putaran ban ke tanah, daripada kinerja traksi ban saat bendera start dikibarkan.
 

Dalam duel serumpun ini, kedua sportscar tidak diberikan modifikasi apapun,  pure setingan pabrikan. Sedikit keraguan tergambar dari insinyur dan desainer teknik Hennessey untuk menghasilkan tenaga kedua mobil lebih besar. Sementara dibalik ujicoba ini,  Hennessey  sedang mengembangkan  Corvette C8 dengan mencangkok twin turbo untuk memecahkan kebuntuan tenaga yang belum terekspose secara penuh. [Ahs/timBX]

Tags :

#
chevy corvette c8,
#
ford mustang gt500,
#
duel drag,
#
hennessey performance